nusabali

Ballon dOr Tetap untuk Messi atau Ronaldo?

  • www.nusabali.com-ballon-dor-tetap-untuk-messi-atau-ronaldo

Piala Dunia 2018 tidak akan memengaruhi Ballon d'Or. Siapapun pemenangnya, pemilik baru Ballon d'Or tetaplah Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

MOSKOW, NusaBali

Setidaknya itulah pandangan Eden Hazard. Messi dan Ronaldo menjadi penguasa penghargaan invididu paling prestisius itu sejak sekitar satu dekade. Saat ini, keduanya 'seri' dengan masing-masing memperoleh lima trofi, di mana Ronaldo empat kali memenanginya dalam lima tahun terakhir.

Namun, Ballon d'Or 2018 mungkin saja akan berbeda. Pasalnya, Messi dan Ronaldo redup di Rusia seiring kandasnya Argentina dan Portugal di babak 16 besar. Di sisi lain, nama-nama seperti Hazard dan pemain-pemain lain seperti Kylian Mbappe, Luka Modric, atau Harry Kane mulai dijagokan dalam persaingan Ballon d'Or. Bersama negara masing-masing, keempatnya berhasil mencapai semifinal dan berpotensi menjadi juara dunia pada akhir pekan ini.

Akan tetapi, Hazard ragu trofi Piala Dunia akan cukup untuk memenangi Ballon d'Or 2018. Bintang Belgia dan Chelsea itu teringat dengan pencapaian Franck Ribery saat membawa Bayern Muenchen meraih treble di 2013, namun toh pada akhirnya Ballon d'Or jatuh ke tangan Ronaldo. "(Ballon d'Or) akan untuk Messi atau Cristiano. Sudah dipastikan seperti itu," Hazard mengucapkan sebagaimana diwartakan Marca. “Aku ingat sebuah tahun di mana Ribery sudah memenangi semuanya dan dia tetap tidak mendapatkannya."

Di sisi lain Hazard menyanjung tinggi Kylian Mbappe. Menurut Hazard, Mbappe layak masuk sebagai kandidat serius pemenang Ballon d'Or. Mbappe menjadi pemain Prancis yang paling bersinar di Piala Dunia 2018. Pesepakbola berusia 19 tahun itu sudah menceploskan tiga gol dalam lima penampilan, untuk menyamai rekor legenda sepakbola Pele pada 1958.

Secara konsisten Mbappe menjadi ancaman bagi lawan-lawan Prancis. Termasuk saat berhadapan dengan Belgia di semifinal, Rabu (11/7) dinihari Wita tadi. "Berdasarkan apa yang tengah dia perlihatkan, sudah jelas ada kapasitas Ballon d'Or," Hazard mengungkapkan kepada BeIN Sports Prancis, yang dikutip ESPN. "Dalam kaitannya dengan potensi, seperti halnya kualitas, bagiku, iya. Dia sudah pantas mendapatkan Ballon d'Or.

Hazard juga mengungkapkan bahwa dirinya kini banyak melihat video-video Mbappe. Hal yang dulu dilakukan Mbappe. "Kami sempat berbicara beberapa kali lewat telepon. Kylian bilang kalau dia dulu melihat video-videoku ketika dia masih bocah. Aku tidak yakin apakah aku sudah tua, tapi... aku tidak setua itu," lanjut Hazard.

"Sekarang, justru aku yang melihat video-video dia dan aku punya respek yang besar kepada dia dan apa yang dia lakukan. Kita tidak pernah melihat [perkembangan cepat] seperti ini di sepakbola modern." *

loading...

Komentar