nusabali

Baru Dua Tahun Dihotmix, Rusak Lagi

  • www.nusabali.com-baru-dua-tahun-dihotmix-rusak-lagi

Jalan di kawasan hutan bambu objek wisata Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, perlu perbaikan.

BANGLI, NusaBali
Kondisi jalan bergelombang dan berlubang padahal baru dua tahun dihotmix. Perbaikan jalan di kawasan hutan bambu ini dianjurkan menggunakan cold mix aspal.  

Menurut warga sekitar, kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut cukup padat. Jalur tersebut ramai dikunjungi wisatawan dengan berjalan kaki untuk menikmati suasana hutan bambu. “Baru dua tahun lalu jalan dihotmix, kini di beberapa titik mulai berlubang. Perlu perbaikan untuk kenyamanan pengguna jalan,” ungkap warga yang namanya tak mau dikorankan ini, Selasa (10/7).

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Bangli, I Wayan Kariyasa, sangat mendukung program hotmik yang diluncurkan Bupati Bangli I Made Gianyar. Untuk peningkatan jalan kabupaten tidak hanya menggunakan hotmik. Perlu kajian tim teknis di Dinas PU sebelum ruas jalan diperbaiki. “Perlu pertimbangan menyangkut kondisi atau tekstur tanah,” sebutnya. Dijelaskan, harus melihat letak geografis dan kelembaban wilayah.

Jika kelembabannya tinggi maka ruas jalan tidak cocok menggunakan hotmix “Untuk di jalur hutan bambu kelembabanya tinggi, tidak cocok dihotmix. Lebih cocok menggunakan cold mix aspal,” ujarnya. Sebab cold mix aspal dapat digunakan dalam kondisi cuaca hujan maupun panas karena memiliki daya rekat tinggi dan mengikat sempurna baik dalam kondisi basah maupun kering. *e

loading...

Komentar