nusabali

Kebakaran Lahan di Darma Winangun

  • www.nusabali.com-kebakaran-lahan-di-darma-winangun

Lahan kosong milik I Nyoman Selat 65, di Banjar Darma Winangun, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, Karangasem, terbakar, Selasa (10/7).

AMLAPURA, NusaBali

Kebakaran lahan ini diduga disebabkan aksi bakar sampah oleh pemilik lahan. Api dengan cepat menjalar karena lahan mencapai luas 1 hektare ini ditumbuhi semak dan banyak dedaunan kering.  Informasi di lapangan, pemilik lahan, Nyoman Selat membakar sampah sekitar pukul 05.30 Wita. Ternyata kobaran api tertiup angin hingga api menjalar membakar semak-semak hingga membakar lahan seluas 1 hektare.

Pemilik lahan kemudian melaporkan ke staf Desa Tianyar Timur, selanjutnya diteruskan ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem. Petugas pemadam kebakaran datang pukul 09.30 Wita, melakukan pemadaman dan api berhasil dipadamkan pukul 12.45 Wita. “Angin bertiup kencang hingga api menjalar dengan cepat,” ungkap Nyoman Selat.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, I Nyoman Sutirtayasa, mengimbau saat terjadi kebakaran jangan panik. Sedapat mungkin bunyikan alarm, teriakkan kebakaran agar warga tahu ada musibah, dan matikan pusat aliran listrik. Upayakan tidak berdiri bergerombol dan padamkan api dengan APAR (alat pemadam api ringan). “Langkah awal mampu mengatasi kebakaran dengan cara sendiri sebelum datang petugas pemadam kebakaran,” jelas Nyoman Sutirtayasa saat berikan materi penangan kebakaran di Desa Pertima. 7 k16

loading...

Komentar