nusabali

Imigrasi dan AP I Siapkan Autogate

  • www.nusabali.com-imigrasi-dan-ap-i-siapkan-autogate

Autogate akan dipasang sebanyak 5 unit di terminal kedatangan internasional, dan 10 unit untuk di terminal keberangkatan internasional.

Sambut Delegasi IMF–World Bank

MANGUPURA, NusaBali
Berbagai persiapan dilakukan menyambut pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) – World Bank yang digelar pada 8 – 14 Oktober mendatang. Salah satunya adalah persiapan keimigrasian oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khususus Ngurah Rai saat para delegasi tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Maryoto Sumadi MS, di sela sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing Next Generation (Apoa NG), Selasa (10/7), mengatakan kini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura I (AP I) untuk membangun perlintasan melalui sistem autogate.

Sistem autogate adalah sarana perlintasan keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis. Nantinya para delegasi yang jumlahnya belasan ribu orang yang akan datang menghadiri pertemuan akbar pada 8 – 14 Oktober, menggunakan pintu perlintasan otomatis ini untuk mempermudah pemeriksaan.

Untuk merealisasikannya, pihaknya telah membentuk tim yang bekerja sama dengan AP I. “Pemasangan autogate ini bertujuan agar para delegasi saat tiba di bandara tak harus mengantre lama-lama untuk mengurus keimigrasian,” tuturnya.  Selain autogate juga akan disiapkan konter khusus bagi para delegasi dan anggotanya. Tujuannya agar tak berbaur dengan penumpang umum.

Dijelaskannya autogate ini nanti akan dipasang sebanyak 5 unit di terminal kedatangan internasional, dan 10 unit untuk di terminal keberangkatan internasional. Selain itu, juga akan dilakukan penambahan peralatan komputer untuk konter yang manual. Sementara, untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) guna memberikan pelayanan di bandara, pihak Imigrasi sudah menyiapkan pegawai baru sebanyak 150 orang.

Sejauh ini, kata Maryoto, persiapan pemasangan autogate ini masih dalam proses. Menurutnya, seluruh peralatan elektronik untuk autogate sudah tiba. Untuk pemasangannya diperkirakan pada Agustus nanti. Dan diharapkan September sudah bisa diujicoba.

Sementara itu, Kepala Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai  Arie Ahsanurrohim saat dikonfirmasi kemarin mengatakan belum bisa memberikan keterangan. “Untuk menjelaskan tentang autogate ini, besok ya. Aku lagi nyiapin datanya. Teman-teman yang lain juga menanyakannya,” tutur Arie. *p

loading...

Komentar