nusabali

Ratusan Nelayan Buleleng Terima Modal Usaha

  • www.nusabali.com-ratusan-nelayan-buleleng-terima-modal-usaha

Masuk KUBE Dapat Rp 2 Juta

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 70 Kelompok Usaha Bersama (KUBE), akan digelontor modal usaha dari Kementerian Sosial RI. Kali ini penerima manfaat menyasar masyarakat pesisir yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kepala Dinas Sosial Buleleng, Gede Komang dihubungi Rabu (11/7) kemarin mengatakan setiap KPM akan digelontor bantuan Rp 2 juta. Jadi setiap KUBE mendapatkan Rp 20 juta. Bantuan itu selanjutkan akan dikelola sebagai modal usaha bersama para nelayan. “Program ini sekali lagi merupakan program percepatan pengentasan kemiskinan di Buleleng. salah satunya bagi warga pesisir yang bermatapencaharian sebagai nelayan,” kata dia.

Ratusan KPM yang sudah terdaftar itu pun sudah dipastikan akan menerima bantuan itu tahun ini. Mereka pun hanya wajib menyetorkan KTP saja. Dalam pengelolaan modal usaha KUBE menurut Gede Komang boleh dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha yang berkaitan dengan pesisir. Seperti pembelian alat atau sarana yang mendukung aktivitas melaut, hingga jukung sekalipun jika dana tersebut mencukupi.     Dengan pemberian dana KUBE ini, diharapkan masyarakat nantinya dapat mengembangkan usahanya bersama dan ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.

Sementara itu bantuan KUBE Pesisir di Buleleng merupakan program kali pertama. Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial juga disebut Gede Komang sangat konsen membantu Buleleng dalam mengentaskan angka kemiskinan. Selain program KUBE Pesisir, tahun ini Buleleng juga mendapatkan ratusan KUBE lainnya, baik untuk penyandang disabilitas dan juga KPM penerima PKH yang tahun ini memasuki tahun keenam. *k23

Komentar