nusabali

Pengadaan Seragam Siswa Agar Transparan

  • www.nusabali.com-pengadaan-seragam-siswa-agar-transparan

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kini masih berlangsung di Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Anggota DPRD Gianyar Putu Gede Pebriantara dan Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Bali minta agar komite segera melakukan penunjukan panita untuk pengadaan seragam sekolah.

Pebriantara mengingatkan para guru dan kepala sekolah untuk tidak terlibat dalam pengadaan seragam siswa. Sehingga diharapkan pengadaan ini diserahkan sepenuhnya ke pihak komite sekolah, untuk melakukan penunjukan panita pengadaan seragam sekolah. “Kalau guru ikut menggiring pengadaan seragam, nanti takutnya bisa dianggap pungli. Lebih baik sekarang diserahkan kepada komite, “ katanya, Rabu (11/7).

Namun diakui saat ini sejumlah komite masih ada yang ragu-ragu dalam mengambil langkah untuk pengadaan seragam sekolah. Ketakutan ini lantaran khawatir dengan pergerakan Tim Saber Pungli. “Saya minta jangan sampai pihak sekolah dan komite takut mengambil langkah, karena ini penting untuk urusan seragam sekolah, “ ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Komisioner KPPAD Bali  Kadek Ariyasa. Pihaknya melihat, banyak pihak sekolah atau guru berusaha menghindar terlibat urusan pengadaan pakaian seragam sekolah. Ini akibat pengawasan dari Tim Saber Pungli yang semakin ketat. "Seharusnya pihak sekolah berusaha tetap bangun komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak komite," ujarnya. KPPAD Bali tetap berharap pihak sekolah tetap memfasilitasi dengan memberikan berbagai solusi terbaik.

"Kurangi kesan-kesan sebelumnya, pengadaan seragam yang diproyekkan," pintanya. Dia yakin, jika semua dibicarakan dan disepakati secara layak, wajar dn transparan maka tidak perlu dikawatirkan berlebihan akan adanya proyek atau bahkan pungli.*nvi

loading...

Komentar