nusabali

Usai Dikukuhkan, Paskibraka Latihan di Lumpur

  • www.nusabali.com-usai-dikukuhkan-paskibraka-latihan-di-lumpur

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Karangasem di lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (11/7) pukul 08.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Usai dikukuhkan, 67 anggota Paskibraka (36 putra dan 31 putri) langsung menjalani latihan fisik di lumpur. Tujuannya agar sejak dini fisiknya kuat menjalani latihan selama sebulan penuh sehingga tampil percaya diri di puncak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Anggota Paskibraka Karangasem dilatih oleh Peltu I Nyoman Sawitra, Pelda I Ketut Ngenteg, Serda I Ketut Catur, dan Serma I Komang Pujawan. Usai pengukuhan, seluruh anggota Paskibraka digiring ke belakang Kantor Bupati Karangasem, dan semuanya wajib masuk sawah. Mereka direndam dari lutut ke bawah. Mereka diberikan pengarahan oleh pelatih di tengah sawah. “Latihan tahap awal yang ditingkatkan adalah ketahanan fisik, selanjutnya menguatkan mental, menyusul mengasah ketrampilan baris berbaris disertai memperluas wawasan kebangsaan,” jelas Gusti Kartika.

Peltu Sawitra mengatakan, sebelum memulai latihan baris berbaris, yang paling penting disiapkan adalah kekuatan fisik. Bukan saja berendam di lumpur, bila perlu diselingi latihan renang, joging, lari keliling kota, trekking, dan olahraga lainnya. Selama sebulan penuh agar tahan menyelesaikan semua program yang digelar mulai pukul 07.00 Wita hingga 12.00 Wita. Tak kalah pentingnya agar semua anggota Paskibraka mengedepankan disiplin. Caranyasetiap anggota menjaga kondisi, tidak begadang dan keluyuran, tujuannya di setiap menjalani latihan agar selalu dalam kondisi bugar.

Selama latihan berlangsung, akan menghadirkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan. Jika peserta ada yang kelelahan langsung dapat pertolongan pertama. Jika memerlukan penanganan lebih langsung dirujuk ke RSUD Karangasem. Peserta juga setiap hari dicek kondisinya, minimal perlu diketahui tensi dan kondisi tubuh secara umum. *k16

loading...

Komentar