nusabali

16 Autogate Siap Dipasang di Bandara

  • www.nusabali.com-16-autogate-siap-dipasang-di-bandara

Sebanyak 16 autogate atau pintu perlintasan dengan sistem elektronik siap dipasang di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 6 autogate di terminal kedatangan dan sisanya di terminal keberangkatan. Pemasangan pintu perlintasan dengan sistem elektronik ini dipersiapkan untuk kelancaraan pemeriksaan keimigrasian para delegasi pertemuan tahunan IMF – World Bank pada 8 – 14 Oktober mendatang.

Kepala Humas Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim mengatakan sebagian besar peralatan sudah tiba di Bandara Ngurah Rai. “Untuk persiapan IMF – World Bank akan dipasang 16 autogate. Sebanyak 6 autogate di kedatangan dan 10 keberangkatan. Persiapannya saat ini sebagian besar peralatan sudah sampai di bandara. Saat ini persiapan perakitan/pemasangan di lokasi,” ungkap Arie, Kamis (12/7).

Untuk pengadaan peralatan belasan autogate itu, kata Arie, menggunakan anggaran Rp 100 miliar. Pihaknya menargetkan pemasangan selesai pada Agustus 2018 ini. Dia mengaku dalam kondisi normal, proses pengoperasian autogate membutuhkan maksimal 30 detik saat proses scanning. “Mengenai perbandingan kecepatan yang di konter dan autogate, aku tidak punya datanya,” tukas Arie.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Maryoto Sumadi MS, menyatakan sistem autogate adalah sarana perlintasan keimigrasian melalui pintu perlintasan otomatis. Nantinya para delegasi pertemuan IMF – World Bank yang jumlahnya belasan ribu orang yang akan datang menghadiri pertemuan akbar pada 8 – 14 Oktober, menggunakan pintu perlintasan otomatis ini untuk mempermudah pemeriksaan.

Untuk merealisasikannya, pihaknya telah membentuk tim yang bekerja sama dengan AP I. “Pemasangan autogate ini bertujuan agar para delegasi saat tiba di bandara tak harus mengantre lama-lama untuk mengurus keimigrasian,” tuturnya. Selain autogate juga akan disiapkan konter khusus bagi para delegasi dan anggotanya. Tujuannya agar tak berbaur dengan penumpang umum.

Dijelaskannya autogate ini nanti akan dipasang sebanyak 5 unit di terminal kedatangan internasional, dan 10 unit untuk di terminal keberangkatan internasional. Selain itu, juga akan dilakukan penambahan peralatan komputer untuk konter yang manual. Sementara, untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) guna memberikan pelayanan di bandara, pihak Imigrasi sudah menyiapkan pegawai baru sebanyak 150 orang. *p

Komentar