nusabali

Undiksha Luluskan Doktor Kedelapan

  • www.nusabali.com-undiksha-luluskan-doktor-kedelapan

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja kembali meluluskan seorang doktor untuk kali kedelapan pada Jumat (13/7) kemarin.

SINGARAJA, NusaBali
I Gede Margunayasa SPd MPd yang tidak lain adalah dosen jurusan FIP akhirnya dinyatakan lulus ujian doktor, dengan judul disertasi ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Ditinjau dari Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Proses Sains dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi.’

Dosen berprestasi Undiksha asal Banjar Dinas Lebah Siung, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada Buleleng ini menyebutkan disertasinya disusun dengan melibatkan delapan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Buleleng. Anak Sulung dari dua bersaudara ini pun mengaku memilih penelitian itu karena melihat fenomena proses pembelajaran di bangku SD, masih didominasi oleh guru.

Dalam penelitiannya, Marguna yang merupakan putra I Nyoman Toya dan Ni Nyoman Menuh ini mencoba menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing, dengan proses pembelajarannya didominasi siswa. “Dalam penelitian ini anak-anak sendiri yang menemukan pengetahuannya melalui proses ilmiah,” kata dia.

Dosen yang sempat menjalani lesson study di Jepang pada November 2017 lalu ini pun mengaku dalam penerapan proses pembelajaran inkuiri terbimbing, dirinya sudah mengahasilkan video pembelajaran. Media pembelajaran itu pun disebut ayah dua anak ini sudah disebar ke SD di Buleleng. Sehingga dapat menjadi acuan guru dan sekolah untuk penerapan sistem pembelajaran tersebut.

Sementara itu, dosen kelahiran 2 April 1985 ini pun mengaku tidak mengalami hambatan berarti dalam proses penyusunan disertasinya. Seluruh penelitiannya berjalan lancar dipandu oleh tiga promoter yang dinilainya sangat membantu dengan manajemen yang baik. Dalam catatannya sebagai dosen, suami Luh Sri Surya Wisma Jayanti, juga pernah memperoleh prestasi lolos proposal pengabdian henis IbM pada DRPM Ristekdikti pada tahun 2014, 2016, 2017 dan 2018 lolos KKN-PPM.

Prestasi sebagai pendidik juga sempat ditorehkan mahasiswa S3, jurusan Pendidikan Dasar pada tahun 2017 lalu, sebagai dosen prestasi juara IV tingkat Universitas Pendidikan Ganesha, dan lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan Short Term Training on Lesson Study (STOLS) 7 di Jepang.

Direktur Program Pascasarjana Undiksha, Prof Dr I Wayan Suastra, ditemui usai ujian promosi doktor mengatakan, doktor lulusannya yang kedelapan ini merupakan seorang dosen Undiksha yang memiliki prestasi yang luar biasa. Sehingga pihaknya dapat meluluskan Marguna dengan memenuhi standar internasional dengan kekayaan intelektual yang dimilikinya.

Lulusan doktor berkualitas Undiksha juga disebutnya selalu disesuaikan dengan misi Undiksha sebagai perguruan tinggi unggul berdasarkan falsafah Tri Hita Karana di Asia tahun 2045. Dengan menyongsong visi tersebut pihaknya pun mengaku lembaga saat ini sedang melakukan pembenahan dari fasilitas dan juga kualitas SDM yang tuntutannya semakin meningkat berstandar internasional. “Yang dapat diukur adalah kualitas penelitiannya, karyanya dapat dipertanggung jawabkan dapat pengakuan internasional,” ungkapnya.  

Ia pun berharap ke depannya lulusan terus berkarya menyumbangkan pikiran untuk masyarakat umum. Seluruh lulusan doktor Undiksha diarahkan untuk terus mengembangkan diri, melalui karya ilmiah, inovatif, sehingga selalu menjadi perhatian pemerintah, masyarakat dan dunia. Hingga saat ini dari delapan doktor yang sudah diluluskan Undiksha, tiga  di antaranya dari jurusan Pendidikan Dasar, dan lima orang doktor dari jurusan Ilmu Pendidikan. *k23

Komentar