nusabali

PDIP Ingin Kuasai 50 Persen Lebih Kursi

  • www.nusabali.com-pdip-ingin-kuasai-50-persen-lebih-kursi

PDIP target 21 kursi atau 50 persen kursi di DPRD Gianyar  salah satu tujuannya pengamanan kepemimpinan Paket Aman di Gianyar.

Di DPRD Gianyar Pada Pileg 2019 Mendatang

GIANYAR, NusaBali
Kemenangan Paket Aman (Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun) pada Pilkada Gianyar, 27 Juni 2018, menjadikan PDIP makin berambisi untuk berkuasa. Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 nanti, sebanyak 21 kursi dari 40 kursi atau 52,50 persen di DPRD Gianyar dibidik PDIP. Sebelumnya di Pileg 2014, PDIP kuasai 16 kursi dari 40 kursi (40,00 persen) pada Pileg 2014. Partai banteng moncong putih ini juga berhasrat menambah satu kursi dari tiga kursi yang diraih PDIP pada Pileg 2014 untuk  DPRD Bali.

“Karena ke depan, kami (PDIP) membutuhkan pengamanan kepemimpinan Paket Aman di Gianyar. Target kami tentu harus meraih sedikitnya 21 kursi di DPRD Gianyar,” jelas I Wayan Tagel Winarta, Sekretaris DPC PDIP Gianyar, Selasa (10/7) lalu.

Tagel Winarta menargetkan tambahan lima kursi pada Pileg nanti,  masing-masing satu kursi dari lima dapil di Kabupaten Gianyar. Lima dapil itu, yakni Gianyar 1 (Kecamatan Gianyar), Gianyar 2 (Blahbatuh-Tampaksiring), Gianyar 3 (Sukawati), Gianyar 4(Ubud) dan Gianyar 5 (Payangan-Tegallalang). Namun politisi asal Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar ini memprediksi penambahan satu kursi akan sangat berat di Dapil Gianyar 1 (Kecamatan Gianyar). “Karena di Dapil 1 ini akan direbut oleh caleg katong-katong (kuat, red) dari parpol lain,” jelasnya. Namun dia enggan menyebut siapa nama-nama caleg katong-katong itu.

Data dari KPU Gianyar, dari delapan kursi di Dapil Gianyar 1 pada Pileg 2014, PDIP berhasil merebut tiga kursi, yakni AA Gde Wira Mantara ST, Luh Suciningsih, dan I Waya Karma. Lima kursi lainnya direbut I Dewa Gede Mertajaya (NasDem),  I Made Suteja (Golkar), Ida Bagus Nyoman Rai (Gerindra), AA Gde Bawa Hartawan (Demokrat), dan Ngakan Ketut Putra (PKPI). Menurut beberapa politisi di Gianyar, kekhawatiran PDIP akan sulit menambah satu kursi di Dapil Gianyar 1, karena beberapa alasan.

Antara lain, untuk Pileg 2019, anggota Fraksi PDIP dari Dapil I, yakni AA Gede Wira Mantara, asal Desa Lebih, Gianyar akan diplot nyalon ke DPRD Bali. Di lain sisi, PDIP belum punya caleg kuat selain tiga incumbent pada dapil paling timur di Kabupaten Gianyar ini.

Wira Mantara sangat potensial kembali merebut kursinya di dapil ini. Karena mantan Perbekel Lebih ini selain incumbent,  juga pada Pileg 2014 berhasil maraup suara terbanyak kedua di dapil itu sebesar 4.117 suara. Suara terbanyak pertama diraih Made Suteja (Golkar) 4.618, disusul terbanyak ketiga Luh Suciningsih (PDIP) 3.584 suara. Maka, di Dapil 1, PDIP akan memasang dua caleg incumbent, yakni Luh Suciningsih dan I Wayan Karma, dan enam caleg new comer.

Tagel Winarta menjelaskan, jika 21 kursi yang ditargetkan tak berhasil diraih, maka satu-satunya solusi, PDIP pasti berkoalisi dengan partai lain di DPRD Gianyar. Calon koalisinya, yakni Hanura. Karena partai besutan Wiranto ini mendukung Paket Aman pada Pilkada Gianyar 2018.

“Terpenting, untuk meraih 21 kursi, semua caleg harus kerja keras untuk merebut suara di masing-maisng dapil. Hanya saja, merebut suara itu tak bisa dadakan atau hanya menjelang Pileg, melainkan harus dipupuk sejak lama,” jelas Tagel Winarta. Sebanyak 16 kursi PDIP di DPRD Bali pada Pileg 2014, yakni diraih di Dapil Gianyar 5 (Tegallalang/Payangan) 3 kursi, Dapil Gianyar 2 (Tampaksiring/Blahbatuh)  4 kursi, Dapil Gianyar 3 (Sukawati) 4 kursi, Dapil Gianyar 1 (Kecamatan Gianyar) 3 kursi, dan Dapil Gianyar 4 (Ubud) 2 kursi.

Tagel menjelaskan, kemenangan PDIP dengan Paket Aman pada Pilkada Gianyar 2018, tak bisa dijadikan jaminan untuk mendulang suara Pileg lebih banyak dari sebelumnya. Hasil Pileg tak selalu sejurus dengan hasil Pilkada. Karena dalam Pileg, setiap pemilih punya banyak pilihan. Selaku DPC partai, dirinya mempermaklumkan bahwa partai tak akan mencalonkan kader yang suara Paket Aman kalah di banjar atau TPS-nya. Namun pencalegan kader ini akan tergantung pada kebutuhan partai.

Dia mengakui, PDIP Gianyar juga menargetkan perolehan empat kursi dari enam kursi DPRD Bali dari Dapil Gianyar.  Pileg 2014 lalu, PDIP hanya meraih tiga kursi di DPRD Bali, yakni Nyoman Parta, Kadek Diana, dan Made Budastra. Namun tantangan untuk menambah satu kursi lagi di DPRD Bali, tak mudah. Karena Nyoman Parta akan dicalegkan di DPR RI. *lsa 

Komentar