nusabali

Gerak Jalan Kocak Kreatif Meriahkan HUT RI

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-kocak-kreatif-meriahkan-hut-ri

Gerak jalan kocak dan kreatif siap meramaikan peringatan hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73 tahun ini.

SINGARAJA, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng memutuskan menambah nomor gerak jalan untuk menghibur masyarakat Buleleng.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KONI Buleleng, I Nyoman Artha Widnyana, Jumat (13/7) siang. Pihaknya pun menjelaskan penambahan nomor lomba gerak jalan di Buleleng ini dilakukan setelah melihat antusiasme masyarakat Buleleng yang selalu setia menonton dan ikut memeriahkan perayaan HUT RI. “Tahun ini kami tambah nomor lomba di gerak jalan untuk memberikan ruang kreatif dan hiburan kepada masyarakat Buleleng,” katanya.

Ia pun tidak memungkiri bahwa penambahan nomor lomba gerak jalan itu diinspirasi dari pasukan Waria dan Gay Singaraja (Warga’s) yang selalu ikut berpartisipasi menyemarakkan HUT RI. Bahkan setiap tahunnya masyarakat Buleleng selalu menunggu-nunggu penampilan mereka. Dalam penambahan nomor lomba ini KONI Buleleng memberikan ruang seluas-luasnya untuk masyarakat Buleleng menyampaikan ide kreatif.

Setiap peserta lomba di nomor ini akan dinilai oleh tujuh orang tim juri pada tanggal 10 Agustus mendatang. Jurinya melibatkan dari unsur akademika, seniman dan budayawan. Peserta yang dinyatakan menang nantinya adalah regu terkocak dan kreatif dengan suguhan atraksi di tiga pos dan sepanjang rute yang ditempuh yakni 2 kilometer.

Artha pun menekankan panitia penyelenggara dalam nomor lomba gerak jalan ini memberikan kebebasan peserta untuk berkreasi, baik dari pakaian gerak-gerik. Asalkan tidak memuat konten pornografi dan menyinggung SARA.  Pada tahun pertama penyelenggaraan, pihaknya pun mengaku hanya membatasi 30 peserta saja, untuk memaksimalkan waktu penampilan kreatif dan kocaknya di depan panggung kehormatan dan sepanjang rute.

Sementara itu dalam peringatan HUT RI ke-73, pada lomba gerak jalan juga masih tetap dilaksanakan nomor lomba gerak jalan 8 kilometer yang diikuti siswa SD dan SMP, gerak jalan dewasa putri 17 kilometer dan gerak jalan dewasa putra 45 kilometer. *k23

Komentar