nusabali

Revitalisasi 5 Pasar Tradisional Mulai Digarap

  • www.nusabali.com-revitalisasi-5-pasar-tradisional-mulai-digarap

Lima proyek revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Gianyar mulai digarap.

GIANYAR,  NusaBali
Kelima pasar itu antara lain Pasar Desa Lebih di Kecamatan Gianyar, Pasar Desa Medahan, Pasar Desa Keramas, dan Pasar Desa Bedulu di Kecamatan Blahbatuh, serta Pasar Batubulan Kangin di Kecamatan Sukawati.

Ada satu lagi pasar tradisional yang siap direvitalisasi yakni Pasar Desa Silakarang, Ubud. Saat ini, proyek revitalisasi Pasar Desa Silakarang baru masuk proses tender. Pasar ini menggunakan anggaran Rp 9,7 Miliar dari Anggran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Kepala Disperindag Gianyar I Wayan Suamba mengungkapkan pembangunan lima pasar yang sudah melewati proses tender ini menggunakan anggaran dari APBN dan APBD. “Ada yang menggunakan APBD dan ada juga gunakan anggaran yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus)," jelasnya, Jumat (13/7). Pengerjaan proyek kelima pasar ini akan dilakukan hingga Desember 2018.

Dari kelima pasar itu, pembangunan pasar di Desa Lebih, khusus diperuntukan sebagai pasar ikan. Hal ini mempertimbangkan kehidupan masyarakat di Desa Lebih dan sekitarnya, yang dominan sebagai nelayan. Pasar Desa Lebih ini pula diharapkan sebagai lokus untuk pasar ikan Kabupaten Gianyar dan sekitarnya.*nvi

Komentar