nusabali

Ngaturang Sesodan di Griya Sakti Nyalian

  • www.nusabali.com-ngaturang-sesodan-di-griya-sakti-nyalian

Sameton dan para sisya Griya Sakti, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, akan menggelar Karya Palebon Nyawa Wedana, puncaknya pada Anggara Pon Merakih, Selasa (17/7)

SEMARAPURA, NusaBali  
Karya palebon untuk layon (jenazah) sulinggih griya setempat, Ida Pedanda Gde Ketut Putra Gunung,62, yang lebar (meninggal) pada Wraspati Pahing Julungwangi, Kamis (17/5).  Serangkaian karya dimaksud, sekitar 90 krama istri Banjar Pindi, Desa Pakraman Penarukan, Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, menghaturkan sasuguh (sejenis penganan) Ngaturang Sesodan/Tarprana Alit ke Griya Sakti, Sukra Wage Krulut, Jumat (13/7) sore. Krama istri dipandu para pecalang dan krama lanang (laki-laki) berjalan beriringan hampir 2 Km dari Banjar Pindi ke selatan, menuju Griya Sakti Nyalian. Prosesi ini diiringi gambelan Balaganjur dari Sekaa Gong Swara Duta, Banjar Pindi. Upacara ini serangkaian penyucian sarana prosesi palebon sekaligus penghormatan dan mendoakan agar prosesi palebon berjalan lancar dan sukses. Upacara Ngaturang Sesodan/Tarprana Alit dipuput Ida Pedanda Istri Pesraman.

Bendesa Pakraman Penarukan Guru Nyoman Griya mengatakan, sasuguh yang sama juga dihaturkan krama dari Banjar Pagutan dan Banjar Penarukan, Desa Bungbungan, dan krama dari desa lain. Persembahan sasuguh ini sebagai bentuk bhakti krama kepada sang lebar atau Ida Pedanda (alm) dan sameton griya. Karya diawali pada Redite Umanis Langkir, Minggu (10/6), Makarya Sanganan dipuput Ida Pedanda Istri Ketut Agung.*lsa

Komentar