nusabali

Pemerintah Dukung Relokasi Pabrik ke Daerah

  • www.nusabali.com-pemerintah-dukung-relokasi-pabrik-ke-daerah

Pemerintah akan mendukung rencana perusahaan swasta merelokasi pabrik ke daerah yang memiliki upah minimum provinsi lebih rendah.

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, hal ini dimaksudkan agar biaya operasional dapat ditekan sehingga produksi ekspor meningkat. "(Rapat) mendetailkan usulan-usulan kementerian untuk mendorong ekspor, terutama yang banyak kita bahas tadi soal perindustrian,” ujar  Darmin dikutip merdeka, Jumat (13/7).

"Banyak hal termasuk mendukung relokasi industri yang memang banyak dilakukan industri garmen maupun sepatu dari daerah yang upahnya tinggi. Jadi menteri perindustrian mengusulkan ada dukungan untuk mempermudah relokasi itu," tambah dia.

Darmin mengatakan, inisiatif relokasi pabrik ini dicetuskan oleh perusahaan swasta. Pemerintah akan memberikan dukungan dalam rangka penyediaan maupun penggantian berbagai jenis mesin yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun rencana ini masih dalam tahap pembahasan.  "Itu adalah inisiatif swasta bukan pemerintah yang dorong-dorong. Tapi, kalau dia melakukan itu, dia pasti akan memindahkan mesinnya dan sebagainya. Kalau mesin-mesinnya sudah tua, pemerintah akan membantu restrukturisasinya dengan yang lebih baik, produktif. Kita sedang evaluasi insentifnya itu yang pas apa," kata Darmin.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut belum dapat merinci daerah industri mana saja yang akan direlokasi. "Saya enggak usah bilang persis daerahnya. Dari daerah yang UMK atau UMPnya lebih mahal dan daerah UMPnya lebih murah. Tebak saja," tutur dia.*

Komentar