nusabali

Manymore Band, 7 Pelajar Gianyar yang Piawai Bermusik

  • www.nusabali.com-manymore-band-7-pelajar-gianyar-yang-piawai-bermusik

Gitaris kenamaan kelahiran Banjar Dentiyis, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Balawan menginspirasi generasi muda di desanya dalam bermusik.

GIANYAR, NusaBali
Di Banjar yang berlokasi dekat objek Wisata Cagar Budaya Pura Desa Batuan ini, lahir grup band remaja Manymore. Menariknya, personel band adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SD, SMP dan SMA.  Mereka terdiri dari Ayu Monica, Geknadhia, dan Diki Zumara yang masih berstatus pelajar SMAN 1 Gianyar sebagai vokalis. Lalu Komang Rama pelajar SMPN 1 Gianyar pada posisi gitar, Kanya Maharani pelajar SMP PGRI 3 Ubud di posisi bass, Adit Hans yang pelajar SMAN 1 Blahbatuh pada keyboard serta Dek Jyo, drummer cilik nan imut yang baru naik kelas VI di SD Suta Dharma Ubud. 

Vokalis Ayu Monica ditemui, Sabtu (14/7) mengatakan Manymore Band terbentuk akhir tahun 2017 lalu. Para personelnya pun sebagian besar bertemu di sekolah musik Balawan. "Ketemu awal sama Dek Jyo drummer cilik ini di sekolah musik. Lalu personel lain, ketemu di sekolah. Hobi kita sama, satu visi dan misi untuk membentuk grup band," jelasnya. Namun diakui, mereka tak jalan sendiri. Ada peran orangtua masing-masing yang memberikan dukungan moril maupun materiil. 

Meski dibilang masih pemula dalam blantika musik Bali, Manymore Band sudah biasa menjajal panggung. Dalam waktu dekat, mereka dijadwalkan tampil dalam Festival Budaya Pertanian Kabupaten Badung yang berlangsung di Kecamatan Petang, Badung. 

"Kita manggung rutin ada, setiap hari Sabtu di Koloni Renon. Selebihnya,  ngisi acara Pemuda atau ulang tahun," jelas anak kedua dari pemilik apotik Rama Farma dan Tayun Care I Nyoman Triyono SE dengan dr Ni Nyoman Ayu Sutrini ini.  Tujuh personel Manymore Band ini tampak piawai memainkan alat musik. Mereka pun punya rencana membuat sebuah album. 

"Saat ini masih sering coverin lagu yang lagi hits. Dan dalam waktu dekat ini, ada rencana buat album. Minimal single dulu lah, materinya sudah ada," ungkapnya. Seperti namanya, Manymore termasuk grup band yang ambil banyak aliran musik seperti pop, rock, maupun jass. "Many itu banyak,  more itu lebih. Jadi kita ingin selalu tampil lebih dan lebih banyak," ujarnya. 

Terkait statusnya yang masih pelajar, Ayu Monica menjamin kegiatan bermusik tidak mengganggu prestasi di sekolah. "Justru bagus untuk isi waktu luang. Daripada dihabiskan untuk main gadget," jelasnya yang sejak kelas 4 SD suka bernyanyi dan menguasai alat musik gitar ini. 

Personel lain, Diki Zumara mengaku bermusik bisa jadi satu cara menekan kenakalan remaja. Terlebih, Diki yang menjabat sebagai Ketua Tim Branding Nasional Youth Generation Of Tobacco Indonesia ini punya tugas menjauhkan rokok dari remaja. "Bermusik adalah kegiatan yang positif. Bisa salurkan hobi dan meminimalkan kegiatan negatif,  seperti rokok," jelas Diki yang juga Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar periode 2018-2020 ini. 

Salah satu orangtua, I Nyoman Triyono mengatakan sudah menjadi tugasnya untuk mendukung kegiatan anak. "Melihat minat dan bakat anak-anak,  kami sebagai orangtua wajib mendukung. Dengan harapan, mereka konsisten, komitmen dan serius sehingga jadi anak yang bertalenta di bidang musik," ujarnya. Dikatakan, salah satu motivator anak-anak menekuni musik adalah maestro gitar Wayan Balawan. "Selain Balawan, anak-anak juga terinspirasi dari musisi AA Gepenk dan Arya, siapa tahu kedepan bisa jadi penerus," harapnya. *nvi

Komentar