nusabali

FENG-SHUI : Menghadirkan Unsur 'Api'

  • www.nusabali.com-feng-shui-menghadirkan-unsur-api

Menghangatkan rumah, tentunya bukan hanya monopoli ruang-ruang yang kering saja, tetapi kehangatan juga bisa hadir di kamar mandi.

Menghadirkan Api Dalam Kamar Mandi
Untuk menghadirkan kehangatan, bisa dilakukan dengan cara meletakkan lilin di dalam kamar mandi. Juga bisa dilakukan dengan melakukan spa terhadap diri sendiri di dalam kamar mandi. Menghadirkan bunga di dalam jambangan di dalam kamar mandi serta mendekorasi ruang kamar mandi dengan warna cerah, juga bisa menghadirkan kehangatan.

Mempertahankan Api di Dapur
Menurut sudut pandang Feng Shui, ruang yang paling penting dari sebuah rumah adalah dapur. Dapur adalah sumber dari kehidupan, di mana makanan dan minuman diproses di ruangan ini. Kita memasak nasi dan menjerang air di ruangan ini. Untuk itu, sebaiknya dapur dijaga kebersihannya. Demikian pula dengan ventilasi udara dan penerangan, sebaiknya diperhatikan, agar energi yang masuk ke tubuh kita (melalui makanan dan minuman) adalah energi yang bersih dan tidak terkontaminasi.

Buatlah dapur senyaman mungkin. Peletakan kompor yang baik tidak langsung berhadapan dengan pintu, hal ini untuk menghindari hangusnya ‘hawa baik’. Banyak ahli Feng Shui yang mempermasalahkan posisi kompor. Jika kita memasak, maka posisi yang baik adalah pada saat kita ‘menyerok’ posisi serokan arahnya tidak ‘keluar’, secara Feng Shui supaya rezeki tidak ‘keluar’ juga. Dan sebaiknya hindari peletakan tong air di sebelah kompor, secara Feng Shui, api berlawanan dengan air. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar supaya ‘api tetap menyala’ sehingga proses kehidupan tetap berjalan.

Yang juga perlu diperhatikan dari dapur adalah, jika rumah bertingkat, maka ruang di atas dapur sebaiknya bukan kamar mandi atau kamar tidur. Jika ruang di atas dapur adalah kamar tidur, maka dikhawatirkan penghuni kamar tersebut gampang sakit (terbakar). Pada sisi lain, manakala ruang di atas dapur adalah kamar mandi maka dikhawatirkan energi ‘Yin/Dingin’ akan turun ke dapur sehingga mengganggu kompor yang berenergi ‘Yang/Panas’.

Menghadirkan Api dengan Warna
Warna merupakan unsur yang paling jelas peranannya dalam menghangatkan rumah. Kehangatan warna dengan nada tanah, akan menciptakan energi yang mampu membangkitkan hubungan dan komunikasi yang baik antaranggota keluarga. Menurut ilmu Feng Shui, meletakkan nuansa warna merah pada arah Barat Daya, akan menjadi sarana penyembuhan untuk melindungi penghuni rumah dari masalah yang terkait dengan relationship.

Warna yang hangat juga bisa dihadirkan pada kamar tidur. Tetapi harus dipilih warna yang dirasa nyaman, seperti warna pastel yang bersifat lebih teduh. Hindari penggunaan warna yang terlalu ‘Yin/Dingin’ atau warna yang terlalu ‘Yang/Panas’, agar supaya energi ‘Yin’ di kamar tidur bisa berpadu secara harmonis dengan kehangatan energi ‘Yang’.

Menghadirkan Api dengan Gelas Kristal dan Tempat Lilin Antik
Memadukan kehangatan lilin serta pendar cahaya lampu dengan gelas-gelas kristal dan kaca yang antik, atau hanya sekadar tempat lilin antik, akan menjadi sebuah keajaiban yang dapat membantu untuk menghadirkan kehangatan di ruangan dalam rumah. Jangan lupa untuk meletakkan benda-benda tersebut di tempat yang tepat, agar supaya dapat memendarkan atau memantulkan cahaya warna terbaik.

Terciptanya keseimbangan ‘api’ di dalam rumah, bukanlah sesuatu yang akan membuat situasi hidup Anda berubah menjadi sempurna. Tetapi jangan lupa, terciptanya keseimbangan ‘api’ di dalam rumah akan menjadi sesuatu yang baik untuk Anda. Hal ini akan membawa energi tambahan dalam semua upaya Anda dalam karier Anda dan membantu Anda untuk mendapatkan pengakuan di tempat kerja. Selain itu, kehadiran ‘api’ tersebut tidak hanya akan menjadikan rumah menjadi indah dan romantis, tetapi juga akan mengusir rasa kesepian serta dapat membangkitkan dan menjaga kehidupan asmara maupun keharmonisan keluarga Anda. *

loading...

Komentar