nusabali

Dinas LHK Pasang Patung Tualen di Simpang Kali

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-pasang-patung-tualen-di-simpang-kali

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung memasang patung Tualen pada taman Simpang Kali, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (15/7).

MANGUPURA, NusaBali
Pemasangan patung Tualen tersebut merupakan pengerjaan tahap dua pada proyek penataan taman tersebut. Pada tahap pertama pemasangan patung Nakula Sadewa dengan tinggi 5 meter. Kadis LHK Badung, I Putu Eka Merthawan, mengatakan pembangunan tahap dua ini menggunakan anggaran Rp 900 juta untuk patung Tualen dan dua patung menjangan.

Menurutnya, masyarakat setempat menamai taman tersebut Taman Meparek Sradaning Dewata. “Pembangunan yang dilakukan sekarang adalah tahap kedua. Tahap pertamanya adalah patung utamanya yakni Nakula Sadewa,” tutur Merthawan, Minggu kemarin.

Merthawan mengaku penataan taman ini targetnya selesai pada September mendatang. Taman ini dipastikan siap menyambut pertemuan tahunan IMF –  World Bank pada 8–14 Oktober mendatang. Taman ini nanti akan dilengkapi dengan lighting dan air mancur. Saat ini sudah disiapkan semuanya, dan dikerjakan secara paralel.

“Yang patung lain, lighting lain, taman lain, dan air mancur lain. Untuk pemasangan patung sudah selesai semua. Ini salah satunya untuk menunjang IMF. Karena di sana ada tiga hotel yang digunakan untuk penginapan para delegasi,” tuturnya.

Pada Senin (9/7), Merthawan mengatakan untuk menyambut pertemuan tahunan IMF – World Bank ada tiga kegiatan pokok yang dilakukan. Pertama penataan taman di depan Masjid Agung Asasuttaqwa, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung. Kedua, penataan taman pintu Bali Mandara, di Nusa Dua, Kuta Selatan. Ketiga, pembangunan patung Nakula Sadewa di Simpang Kali Jimbaran.

Sementara untuk patung-patung yang lain dilakukan pengecatan juga penataan dan perapian taman. Dia mengaku untuk patung semua sudah dilakukan pengecatan. Patung yang dilengkapi dengan air mancur seperti patung Dewa Ruci sudah dibantu dengan CSR. Setelah penataan patung Dewa Ruci juga dilakukan penataan terhadap taman patung Satria Gatot Kaca atau yang sering dikenal dengan patung kuda. Selain itu juga penataan Ground Zero. “Jadi ada tiga taman baru yang dikerjakan tahun ini,” ungkapnya. *p

Komentar