nusabali

Palinggih Gedong Terbakar

  • www.nusabali.com-palinggih-gedong-terbakar

Sebuah palinggih (gedong) Pura Dalem Tegallinggah di Banjar Tegallinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, terbakar, Rabu (18/7) sekitar pukul 14.05 Wita.

Diduga Kena Percikan Api Ngaben

GIANYAR, NusaBali
Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut dari percikan api dari acara ngaben tidak jauh dari lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya saja terjadi korban material mencapai Rp 100 juta. Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan saat itu ada kegiatan pembakaran mayat (ngaben), tidak jauh dari lokasi pura. Musibah kebakaran ini diketahui sekitar pukul 14.05 Wita.

Api sudah membakar palinggih gedong Pura Dalem Tegallinggah yang beratap ijuk. Atas kejadian itu, saksi Made Sudiarta selaku Sekdes Bedulu langsung menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Gianyar. Tidak lama kemudian, tiga unit mobil Damkar Pemkab Gianyar diterjunkan ke TKP. Untuk menjinakkan kobaran api yang membakar atap ijuk pura tersebut, petugas berjibaku memerlukan waktu sekitar 1 jam 45 menit hingga melakukan pendinginan.

Kasat Pol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa saat dihubungi, membenarkan anggotanya diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar palinggih gedung Pura Dalem Tegallinggah berukuran 4 m x 4 m. Pihaknya menerjunkan tiga unit kendaraan dengan puluhan petugas pemadam. Petugas lama melakukan pemadaman karena atapnya ijuk. Sebab ijuk bila terbakar sangat sulit untuk dipadamkan dibanding dengan benda lainnya.*nvi

Komentar