nusabali

Widodo Puji Gairah Pemain

  • www.nusabali.com-widodo-puji-gairah-pemain

Terima kasih kepada seluruh pemain yang bekerja sangat keras. Semua pemain yang tidak mengenal lelah dan menerapkan skema yang kami siapkan.

Bali United Tembus Papan Tengah

BANTUL, NusaBali
Sukses kalahkan Persija Jakarta 2-0, pelatih kepala Widodo Cahyono Putro memuji semangat dan gairah pemain asuhannya. Kemenangan itu membawa skuat Serdadu Tridatu melonjak ke peringkat tujuh klasemen sementara Liga 1, dengan nilai 23 sama. Bali United hanya berjarak lima poin dari pemuncak klasemen PSM Makassar, dengan 28 poin.

Pelatih Widodo Cahyono Putro bersyukur tim asuhannya melewati laga yang sangat melelahkan di Stadion Sultan Agung Bantul dengan meraih kemenangan. Dua gol Bali United dicetak pemain baru asal Belanda Melvin Platje dan Stefano Lilipaly.

"Pertandingan sangat menguras tenaga. Terima kasih kepada seluruh pemain yang bekerja keras. Kemenangan ini patut disyukuri karena Persija tim yang sulit dikalahkan. Namun kami menang karena perjuangan semua pemain yang tidak mengenal lelah dan menerapkan skema yang kami siapkan," ujar Widodo Cahyono Putro.

Ya, Widodo pun mengakui berjudi dengan menggunakan formasi lima bek di sektor pertahanan untuk meredam permainan Persija. Menurutnya tim pelatih telah mempelajari permainan Persija yang dinilai kerap bermain agresif dengan memanfaatkan pergerakan dua sayapnya. Widodo pun memutuskan memakai lima bek untuk meredam agresivitas tuan rumah.

“Kami mengikuti alurnya Persija, mereka kuat di kanan dan kiri. Mereka punya pemain yang sering muncul dari tengah. Kami antisipasi dalam latihan taktikal,” beber Widodo.

“Kami sadar formasi ini membuat kami akan diserang terus, tapi di saat itulah kami menyerang balik. Kami instruksikan lima bek mematikan pergerakan Riko Simanjuntak. Otomatis full back kanan dan kiri Persija terpancing untuk ke depan, sehingga dua pemain depan kami berhadapan dengan dua bek Persija,”kata Widodo.

Kejelian Widodo pun dalam mengatur taktik bertahan ditunjukkan dengan menempatkan Melvin Platje, agar terus di depan demi menerima umpan cepat untuk serangan balik. Melvin dalam laga itu membuka gol Bali United di menit 20 lewat sundulan yang diumpankan pemain belakang Dallen Ramadhan.  "Karakternya Melvin ini kan tipikalnya hanya fokus tertuju ke gawang, kesenangan dia minta bola di depan pemain lawan, jadi dia tidak menunggu di belakang tapi di depan," ujar Widodo.

Namun Widodo menuturkan, formasi benteng lawan Persija ini tak akan diterapkan saat laga laga selanjutnya, yakni melawan Bhayangkara FC, pada hari Sabtu (21/7) di Stadion Wayan Dipta.  "Formasi terus kami ubah, bisa saja Melvin (diberi umpan) dari belakang , tergantung sulit tidaknya pertahanan lawan," ujar Widodo. *

Komentar