nusabali

Jembrana Siapkan Penyambutan Pawai Obor Asian Games 2018

  • www.nusabali.com-jembrana-siapkan-penyambutan-pawai-obor-asian-games-2018

Pemkab Jembrana, kepolisian, TNI, termasuk ASDP Pelabuhan Gilimanuk menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan penyambutan obor Asian Games 2018 yang dijadwalkan tiba di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Senin (23/7) nanti.

NEGARA, NusaBali
Selain dipersiapkan penyambutan dengan sejumlah kesenian khas Jembrana, obor yang rencana dibawa melewati rute sepanjang 2 kilometer di Gilimanuk itu, juga akan dikawal pelari dari kepolisian dan TNI.

Sesuai perencanaan dari Pemkab Jembrana, saat turun dari kapal di Pelabuhan Gilimanuk, obor Asian Games 2018 itu terlebih dahulu dibawa menuju Teluk Gilimanuk. Dari Pelabuhan Gilimanuk sampai Teluk Gilimanuk itu, disiapkan iringan kesenian baleganjur serta Tari Makepung. Setelah tiba di Teluk Gilimanuk, obor rencana diterima oleh Bupati Jembrana I Putu Artha, disertai iringan tetabuhan Jegog Mabarung.

“Kami siapkan penyambutan dengan kesenian khas Jembrana. Rencana nanti, sesuai informasi awal yang kami terima, obor akan tiba di Gilimanuk pada 23 Juli nanti, sekitar pukul 08.00 Wita,” kata Kabid Kepemudaan dan Olahraga (Mudora) pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Komang Trilaksmana, saat dikonfirmasi, Kamis (19/7).

Setelah diterima Bupati Jembrana di Teluk Gilimanuk, obor akan diserahkan kepada pelari yang disiapkan. Pelari yang akan membawa sekaligus mengiringi obor itu, sementara disiapkan sebanyak 35 orang dari kalangan pelajar SMP dan SMA di Jembrana. Di antaranya dari SMA Gilimandala, SMPN 4 Melaya, SMAN 2 Negara, dan MAN Negara, yang juga telah dilibatkan dalam rakor di Kantor Tourism Information Centre (TIC) Teluk Gilimanuk, Rabu (18/7). “Tetapi informasi terakhir, untuk pelari yang akan membawa ataupun mengiringi obor ini, dari pusat minta 40 orang. Jadi sementara untuk jumlah pelarinya belum final. Kami akan koordinasikan kembali,” ujar Trilaksmana.

Yang pasti, sambung Trilaksmana, pihaknya di Kabupaten Jembrana bersama sejumlah instansi terkait, siap menyambut obor Asian Games 2018 itu. Khusus untuk pawai obor di Gilimanuk, akan dibawa sejauh 2 kilometer dari Teluk Gilimanuk sampai di Gelung Kori Gilimanuk. Untuk pengamanan pembawa obor, akan dikawal masing-masing 10 pelari dari Polres Jembrana dan jajaran TNI di Jembrana. “Jadi nanti setelah sampai Gelung Kori Gilimanuk, perjalanan dilanjutkan dengan membawa mobil, selanjutnya diserahkan ke Tabanan. Terakhir nanti di Kuta, Badung. Dan khusus di Jembrana, penyambutan sekaligus pawai obor ini, kami laksanakan di Gilimanuk,” kata Trilaksmana. *ode

Komentar