nusabali

Karakter Nasabah Positif, NPL di Bali Terkontrol

  • www.nusabali.com-karakter-nasabah-positif-npl-di-bali-terkontrol

Karakter nasabah di Bali dirasakan berimbas positif, pada bisnis perbankan di Bali. Salah satunya terkait NPL atau tunggakan kredit yang masih terkontrol (rendah).

DENPASAR, NusaBali
Hal tersebut terungkap di sela-sela penyerahan hadiah mobil dan sepeda motor kepada nasabah oleh PT Bank MNC Internasional Tbk di Kantor Cabang Bank MNC, Jalan Diponegoro Denpasar, Kamis (19/7).    “Selain proses kredit yang ketat, karakter nasabah kita yang patuh,” ujar Kepala Cabang MNC Bank Denpasar I Ketut Yadnyana.

Patuh, yang dimaksudkan Yadnyana adalah, ketaatan nasabah mengembalikan kredit. Menurut Yadnyana, angka NPL Bank MMC di Bali, sebesar 1,2 persen. Angka NPL ini, kata Yadnyana terbilang rendah. Yang salah satunya, karena faktor karakter nasabah tersebut. Sedang total kredit yang disalurkan  Bank MNC , sekitar Rp 450 miliar. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen dari sebelumnya. Dari jumlah kredit tersebut, diantaranya kredit komersial yang dialokasikan di sektor pariwisata, seperti hotel, restoran dan lainnya.

Sementara terkait peningkatan CASA (Current Account and Saving Accont) atau dana murah,  Bank MNC  menggelar pemberian hadiah mobil dan sepeda motor kepada nasabahnya. Retail Funding Bussiness Head MNC Bank Rita Montanga, menyatakan cukup dengan menentukan nominal tabungan yang ingin disimpan dan hadiah yang diinginkan, maka Bank MNC dapat menentukan berapa lama tabungan akan dihold. “Selain mendapatkan hadiah, nasabah tetap mendapatkan bunga dari simpanannya,” ujar Rita Montanga.

Di Bali, model simpanan berhadiah langsung banyak diminati kalangan LPD dan koperasi. Alasannya dengan dana yang terbatas, LPD maupun koperasi bisa mendapatkan hadiah, berupa kendaraan operasional. Di pihak lain, mereka (LPD dan Koperasi) tetap mendapatkan bunga. “ Jadi tak perlu investasi beli kendaraan,” tambah Yadnyana.

Kamis kemarin, hadiah diberikan kepada dua  nasabah,  yakni Koppas (Koperasi Pasar) Srinadi Klungkung, dapat hadiah mobil dan Koppas (Koperasi Pasar) Guna Primadana, Denpasar  menerima hadiah sepeda motor.  Masing-masing diterima I Nengah Sujena (Menejer Koppas Srinadi) dan  I Wayan Suyatna dari Koppas Guna Primadana. *k17

Komentar