nusabali

Bupati Buka Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar

  • www.nusabali.com-bupati-buka-taman-ayun-barong-festival-regeneration-superstar

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka secara resmi gelaran Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar tahun 2018, Jumat (20/7) sore di Jaba Tengah Pura Taman Ayun, Kecamatan Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali
Festival yang dimotori oleh Sanggar Mangu Samcaya Puri Ageng Mengwi bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Badung diikuti oleh peserta berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Bali. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kajari Badung Sunarko, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Wakil Ketua II DPRD Badung I Made Sunarta, Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung yang juga insiator penyelenggaraan Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar tahun 2018. Kemudian hadir juga pihak Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Badung, anggota DPRD Badung serta segenap tokoh masyarakat.

Pada seremonial pembukaan kemarin diawali dengan Tari Sekar Jepun yang merupakan tari maskot Kabupaten Badung, serta turut ditampilkan Tari Jauk Manis.

Ketua Panitia, Ngakan Tri Ariawan, melaporkan festival ini merupakan kerja sama Pemkab Badung dalam hal ini Dinas Pariwisata Badung dengan sangar Mangu Samcaya binaa Puri Ageng Mengwi. "Festival ini bertujuan menyalurkan kreatifitas seni serta melestarikan tradisi bapang barong dan mekendang tunggal serta mempromosikan pariwisata Badung, sehingga dapat meningkatan pendapatan pariwisata Badung," ungkapnya.

Diterangkan, Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar tahun 2018 akan berlangsung pada 20-21 Juli 2018 mendatang. Untuk Peserta SD dan SMP masing-masing 15 orang. SD usia 9-12 tahun, sedangkan SMP 13-15 tahun. Selanjutnya, untuk kategori Superstar, peserta telah mendapat juara 1 Lomba Bapang Barong se-Bali yang diundang untuk mengikuti Lomba Bapang Barong dan Makendang. Antara penari barong dan makendang bukan merupakan satu tim.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wujud nyata perhatian terhadap kesenian. Tetutama kepada para seniman barong. Karena itu, tegasnya, tidak ada istilah pemerintah tidak mendukung. "Saya atas nama pemerintah kepada menyampaikan terima kasih. Saya juga bangga bila melihat seniman Bali berprestasi," ujarnya semberi berharap pelaksaan kegiatan ini terus berkelanjutan. Kepada para peserta, Bupati menyampaikan agar tetap menjunjung tinggi sportivitas. "Saya harapkan apapun keputusan dewan juri tidak ada gugatan," pesannya.

Sementara, Pangelingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung menyampaikan terselenggaranya kegiatan ini adalah berkat kerja sama Pemerintah Kabupaten Badung. "Kami sampaikan tetima kasih kepada Pemkab Badung dalam hal ini Dinas Pariwisata yang telah mendukung penuh terselenggaranya Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar tahun 2018, yang terselenggara untuk ketiga kalinya," ujar Gde Agung.

Menurut Gde Agung, festival ini digelar untuk menjaga menjaga kesenian warisan budaya Bali,  khususnya barong. Kenapa dilaksanakan di Pura Taman Ayun, karena juga sebagai warisan budaya dunia yang ditetapkan tahun 2012 oleh UNESCO. “Jadi Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar tahun 2018, digelar untuk menjaga kesenian warisan budaya Bali, dengan cara menampilkan penari barong cilik SD-SMP dari seluruh Bali,” ujarnya.

Hadiah lomba ini untuk katagori Bapang Barong dan Makendang masing-masing, juara I Rp 5 juta, juara II Rp 4 juta, juara III Rp 3 juta. Sementara untuk SMP, Bapang Barong dan Makendang juara I Rp7,5 juta, juara II Rp6,5 juta dan juara III Rp 5,5 juta. Peserta juga mendapat piagam penghargaan.  Selanjutnya untuk kategori superstar, peserta telah mendapat juara 1 Lomba Bapang Barong se-Bali yang diundang untuk mengikuti Lomba Bapang Barong dan Makendang. Antara penari barong dan mekendang bukan merupakan satu tim. Untuk hadiah, juara I Rp 10 juta, juara II Rp 7 juta dan juara III Rp 6 juta. Selain itu seluruh peserta mendapat piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. *asa

loading...

Komentar