nusabali

Daftar Tunggu Bedah Rumah Capai Ribuan

  • www.nusabali.com-daftar-tunggu-bedah-rumah-capai-ribuan

Daftar tunggu bedah rumah di Kabupaten Tabanan capai 1.000 unit.

TABANAN, NusaBali

Seluruhnya dalam kondisi rumah tidak layak huni. Meskipun demikian perbaikan bangunan tidak dilakukan tahun 2018 karena kuota bedah rumah sedikit didapatkan.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Farkir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tabanan, Ni Made Murjani mengatakan, ribuan daftar tunggu tersebut rumah tidak layak huni. Atap, lantai, dan dinding kondisinya perlu diperbaikan. "Kondisi ini tersebar pada 10 kecamatan di Tabanan," ungkapnya, Jumat (20/7).

Dikatakan, daftar tunggu ini tentu akan diselesaikan bertahap. Lewat bantuan CSR (Corporate social responsibility), pemerintah ataupun BKK (Bantuan Keuangan Khusus) dari Kabupaten Badung. Jika saja setiap tahun ada bantuan CSR untuk memperbaiki 100 unit saja, maka ribuan daftar tunggu bisa cepat dituntaskan. "Dari ribuan daftar tunggu yang ada, belum bisa diperbaiki meskipun ada yang kondisinya parah. Sebab kuota perbaikan tahun 2018 sudah tercatat dan masuk dalam sistem," terangnya.

Dijelaskan Murjani, tahun 2018 hanya dapat kuota perbaikan 18 unit menggunakan anggaran APBD. Sisanya didapat dari bantuan CSR. Diantaranya dapat bantuan 75 unit dari provinsi. "Sekarang kami lagi menunggu bantuan rehab rumah dari BKK Badung 300 unit," tegas Murjani.

Dia menambahkan, Tabanan juga akan mendapat bantuan rehab rumah tak layak huni 80 unit dari pusat. Awalnya diusulkan 100 unit namun disetujui 80 unit. Hanya saja bantuan ini masih belum verifikasi akan tetapi sudah dirakorkan di Batam. "Yang jelas pasti dapat bantuan ini, karena Tabanan saja mendapatkan ini," tandasnya. *d

Komentar