nusabali

Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko Jabat Danlanal Denpasar

  • www.nusabali.com-kolonel-laut-p-henricus-prihantoko-jabat-danlanal-denpasar

Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko resmi menjabat Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar menggantikan Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa SE.

DENPASAR, NusaBali

Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Danlantamal V) Laksamana TNI Edwin SH, Jumat (20/7). Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko sebelumnya menjabat sebagai Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) di Armada II, sedangkan Kolonel Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa SE selanjutnya ditugaskan menjadi Kepala Staf Gugus Tempur Laut Koarmada III.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Danlantamal V), Laksamana Pertama (Laksma) TNI Edwin SH, usai pelantikan kemarin mengatakan, tingkat kerawanan keamanan laut di Bali perlu terus diwaspadai. Karena Bali adalah destinasi wisata dunia. Bali juga merupakan salah satu pintu masuk wisatawan terbesar ke Indonesia.

Menurutnya, ada banyak hal yang perlu diantisipasi terkait keamanan di Bali. Apalagi dalam tahun ini Bali menjadi tempat penyelenggaraan IMF World Bank. Selain itu, Bali yang berada dekat dengan perlintasan kapal-kapal yang cukup besar. Tak menutup kemungkinan adanya tindakan yang ilegal. "Di Bali banyak rangkaian kegiatan berskala besar. Salah satunya IMF World Bank. Laut harus dijaga, karena di sini adalah pulau, area terdekatnya adalah laut. Untuk itu laut di sekitarnya harus dijaga keamanannya," ujarnya.

Dalam hal ini, pihaknya akan melibatkan unsur KRI di bawah koordinatornya Danlanal Denpasar dan dibantu oleh gugus tugas yang dibentuk TNI AL. Pihaknya akan menggelar unsur-unsur baik itu unsur KRI, unsur pesawat udara untuk patroli dan unsur pasukan khusus yang melaksanakan pengamanan di titik-titik yang akan diprioritaskan pada tingkat pengamanannya. *p

Komentar