nusabali

Mahasiswa Asing Belajar Batik Melalui Surabali

  • www.nusabali.com-mahasiswa-asing-belajar-batik-melalui-surabali

Mahasiswa asing dari tujuh negara belajar kerajinan membatik melalui kegiatan ‘SuraBali Summer Program’ yang digelar Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Udayana (Unud) Bali di Surabaya, Rabu (18/7) lalu.

SURABAYA, NusaBali
Program yang mendapatkan hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) senilai Rp150 juta itu diikuti 45 mahasiswa asing dari Tiongkok, Korea Selatan, India, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Ketua pelaksana SuraBali di UK Petra, Meilinda SS MA mengatakan peserta SuraBali diajak untuk belajar membuat kaos batik celup atau Shibori oleh UK Petra di Siwalankerto Timur III RT 7/RW 5, Surabaya sebagai contoh riil dari upaya pemberdayaan masyarakat.

"Kegiatan kali ini bertajuk 'Craft Workshop: Sosial Interaction', para peserta belajar langsung teknik batik celup tersebut dari ibu-ibu di kawasan Siwalankerto Timur yang memang sudah tergabung sebelumnya dalam kelompok pemberdayaan PKK oleh UK Petra," katanya.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas ketiga Perguruan Tinggi dalam standar World Class University dan memberikan pengetahuan dan pengertian bahwa kewirausahaan yang baik adalah yang memikirkan pula dampak dan manfaat bagi ekologi dan lingkungan sekitarnya.

"Harapannya apa yang dipelajari di masyarakat dapat menambah pengetahuan dan ide para peserta untuk merancang membuat kewirausahaan yang lebih bertanggung jawab pada masyarakatnya," ujar Meilinda. Salah satu peserta SuraBali asal Korea Selatan, Kim Minzy mengaku senang karena bisa belajar banyak tentang kewirausahaan dan Kebudayaan Indonesia. "Saya senang bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, orang-orang di sini sangat ramah dan baik, mereka mau menolong jika ada orang yang kesusahan," katanya.

Saat pertama ini belajar batik, dia mengaku tidak berekspektasi tinggi. Namun, membatik kegiatan yang sangat menyenangkan bagi dia. "Kegiatan ini ternyata sangat menyenangkan dan menarik. Saya telah salah menilai," kata Kim. Program Join Summer Club SuraBali ini dimulai sejak 14 Juli 2018 dengan kegiatan diadakan di Unair selama tiga hari untuk belajar kewirausahaan secara teoritis. Selanjutnya pada 18 hingga 22 Jul 2018i, kegiatan Join Summer Club SuraBali ini diadakan di lingkup UK Petra. *ant

Komentar