nusabali

Klungkung Masuk Top 10 Kabupaten Terbaik Nasional

  • www.nusabali.com-klungkung-masuk-top-10-kabupaten-terbaik-nasional

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali harumkan Kabupaten Klungkung di tingkat nasional setelah berhasil menjadi Top 10 Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional dalam penganugerahan Wonderful Indonesia Tourism Award 2018.

SEMARAPURA, NusaBali
Penghargaan tersebut diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya kepada Bupati I Nyoman Suwirta di aula Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar, Jumat (20/7) malam.

Ketua Penyelenggara Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 Yong Keng Hoat menjelaskan, penilaian untuk penghargaan ini dimulai Januari-April 2018 dengan cara mengumpulkan data kinerja kabupaten yang berkaitan dengan pariwisata melalui beberapa indikator. Kinerja usaha bidang pariwisata yaitu data diambil dari badan pusat statistik Indonesia terkait pertumbuhan jumlah akomodasi hotel, pertumbuhan kamar hotel, pertumbuhan jumlah tenaga kerja di bidang jasa pariwisata, pertumbuhan PAD, persentase angka kemiskinan, indeks pembangunan manusia serta dampaknya, indeks pariwisata Indonesia, penghargaan nasional/internasional dan serta pertumbuhan PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) sektor makan dan minum. “Ada empat kriteria dalam penghargaan ini yang masing-masing memiliki bobot berbeda,” ujarnya. 

Pertama, kinerja usaha pariwisata, Pendapatan Domestik Regional Bruto dan tenaga kerja, serta dampak/outcome berdasarkan data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) dengan bobot 40%. Kedua, Indeks pariwisata Indonesia daya saing 30%. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award dimensi pariwisata 15%, dan keempat, penghargaan internasional dan nasional 15%.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah akan performansi, inovasi dan komitmen dari pemerintah daerah dalam membangun pariwisata. ujarnya. “Sehingga lewat penghargaan ini juga merupakan upaya untuk mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam membangun potensi pariwisata di daerah sekaligus mendukung pariwisata nasional,” ujarnya. Termasuk sebagai tolak ukur atau kalibrasi kepada kepala daerah untuk berkomitmen membangun wisata berkelanjutan dalam membangun pariwisata di daerahnya.

Sementara itu Bupati Suwirta menyampaikan rasa syukurnya karena mampu meraih penghargaan ini. "Saya ucapkan terimakasih bahwa Kabupaten Klungkung diberikan kepercayaan untuk menerima penghargaan ini, penghargaan ini merupakan hasil dari kinerja kami dalam mengembangkan wisata di Nusa Penida yang sedang mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang sangat pesat,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta berharap dengan penghargaan ini Nusa Penida dapat menjadi salah satu penopang pariwisata di Indonesia khususnya di Bali. “Wisata Nusa Penida sudah menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) saya berharap pemerintah pusat dapat selalu memberikan dukungan kepada kami. Saya yakin Nusa Penida bisa menjadi salah satu daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia,” tambah Suwirta. *wan

Komentar