nusabali

Mobil Operasional Layanan ODGJ Kerap Mogok, Diganti Baru

  • www.nusabali.com-mobil-operasional-layanan-odgj-kerap-mogok-diganti-baru

Akhirnya kendaraan untuk operasional masalah tuna sosial (orang dengan gangguan jiwa—ODGJ) diganti mobil baru. Kendaraan operasional dari bantuan APBD Pemkab Tabanan itu adalah Suzuki APV dengan nomor polisi DK 1161 G.

TABANAN, NusaBali
Mobil operasional sebelumnya jenis Carry tertutup dengan nopol DK 290 G sudah tua dan keropos. Sehingga sering mogok di tengah jalan ketika membawa ODGJ ke RSJ Provinsi Bali di Bangli. Bahkan ketika mobil mogok di jalan, ODGJ kadang ngamuk dan merusak terali mobil.

Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan mengatakan usulan Dinas Sosial Tabanan ke Pemkab Tabanan sudah direspons. Bantuan didapat antara lain karena meningkatnya pelayanan ODGJ di Tabanan. “Meningkat dalam artian jumlahnya tidak meningkat, namun orang-orangnya itu saja yang kumat,” ujar Gunawan, Minggu (22/7).

Dikatakannya, ODGJ kerap kumat karena pemberian obat tidak rutin dilakukan. Meskipun saat keluar dari RSJ sudah sehat. Sehingga setiap bulan ada saja ODGJ yang sudah sembuh namun kembali kumat.

“Namun sekarang Tabanan sudah punya Panti Laras. Bagi keluarga yang memiliki keluarga ODGJ, dan mengizinkan ODGJ yang bersangkutan tinggal di Panti Laras akan difasilitasi. Ini semata-semata untuk membantu merawat, terutama memberikan obat yang rutin,” imbuhnya.

Sayangnya Gunawan tidak mengetahui anggaran mobil APV yang diberikan untuk operasional tersebut. Karena pihak Dinas Sosial tinggal menerima barangnya saja. “Maaf anggaran berapa tidak tahu, mungkin di Bakeuda ya. Karena kami tinggal terima barangnya saja,” tegas Gunawan.

Dan saat ini karena Dinas Sosial juga menangani/melayani warga lanjut usia (lansia) tinggal seorang diri dan orang tua yang diizinkan dirawat oleh keluarganya, pihaknya juga tengah mengusulkan armada ke APBD Tabanan. Ini dilakukan untuk memudahkan ketika terjadi gawat darurat. “Kami ajukan di anggaran perubahan 2018, sebab jumlah lansia yang dirawat sekarang ada 11 orang,” tandasnya. *d

Komentar