nusabali

Target Kunjungan Wisman Naik 5 Persen saat Asian Games

  • www.nusabali.com-target-kunjungan-wisman-naik-5-persen-saat-asian-games

Penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali.

MANGUPURA, NusaBali
Pada gelaran olahraga bergengsi yang diikuti oleh 45 negara yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, ini Bali menargetkan kunjungan wisatawan manca negara (wisman) naik 5 persen.

Kadis Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha, saat menghadiri kirab obor Asian Games di Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Senin (23/7), mengatakan penyelenggaraan Asian Games ini tentu memiliki pengaruh untuk kunjungan wisman ke Bali. Sebab kunjungan wisatawan sejak terakhir kali erupsi Gunung Agung hingga kini mengalami peningkatan yang luar biasa. Sebelum erupsi 15.000 wisman per hari. Kini rata-rata 19.000 wisman per hari.

“Saya pikir untuk Asian Games ini akan ada peningkatan kunjungan wisman. Dalam kirab (obor) di Bali, beberapa objek wisata andalan disinggahi. Misalnya Pantai Kuta, Tanah Lot, Tampaksiring, Subak Sembung, dan lainnya,” tuturnya.

Saat penyelenggaraan Asian Games ini dia menargetkan kunjungan wisman naik 5 persen. Target 5 persen karena kegiatannya digelar di luar Bali. Meski demikian dirinya optimistis Asian Games ini akan memberi dampak positif terhadap pariwisata Bali. “Promosi Asian Games ini sudah dilakukan sejak Januari. Saat ini kunjungan tiga besar terbanyak China, Australia, dan India,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan Asian Games ini adalah langkah konkret menuju Indonesia emas. Dirinya berharap dengan penyelenggaraqn event besar ini para wisatawan terutama para atlet dan kontingen bisa berwisata ke beberapa tempat wisata di Indonesia termasuk Bali. “Dengan mereka (atlet) menyempatkan waktu berwisata satu atau dua hari, akan meningkatkan sumber pajak hotel dan restoran,” tuturnya. *p

Komentar