nusabali

Perbekel Terpilih Segera Dilantik

  • www.nusabali.com-perbekel-terpilih-segera-dilantik

Lima perbekel terpilih akan dilantik pada akhir bulan Juli ini. Kelima perbekel itu yakni Perbekel Desa Bonyoh, Perbekel Binyan, Perbekel Belantih, Perbekel Dausa (Kecamatan Kintamani) serta Perbekel Bunutin Kecamatan Bangli.

BANGLI, NusaBali
Mereka terpilih secara serentak pada bulan Maret lalu. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bangli, I Dewa Agung Riana Putra, mengatakan pelantikan perbekel akan dilaksanakan di gedung BMB Pemkab Bangli pada 27 Juli 2018. Dewa Riana Putra tidak menampik proses pelantikan harus menunggu cukup lama, sedangkan pemilihan sudah dilakukan empat bulan lalu. Pelantikan baru dilaksanakan bulan ini karena masih menunggu berakhirnya massa jabatan Perbekel Bonyoh. “Ini kaitnya dengan nafkah yang diterima perbekel,” jelasnya, Senin (23/7).

Dewa Riana Putra memastikan tidak ada halangan lainnya hingga perbekel terpilih menunggu cukup lama agar bisa dilantik. “Sesuai jadwal pelantikan pada 27 Juli, yang notabene tinggal beberapa hari lagi,” ujarnya seraya mengatakan perbekel terpilih dilantik oleh Bupati Bangli I Made Gianyar. Adapun perbekel yang terpilih yakni Desa Bonyoh I Wayan Denia, Desa Dausa Ketut Samiarta, Desa Belantih Wayan Wardana, Desa Binyan Ketut Sumasana, dan Desa Bunutin I Ketut Librata.

Pada tahun 2019 diagendakan akan ada 49 desa yang akan melaksanakan pemilihan perbekel secara serentak. “Data yang kami terima dari bagian Tata Pemerintahan (Tapem) disebutkan di tahun 2019 sebanyak 49 perbekel telah mengakhiri masa jabatanya. Berdasarkan data tersebut kami kembali melakukan pendataan,” sebutnya. Pendataan langsung meminta data ke perbekel. “Dari hasil pendataan  awal  baru 48 perbekel mengakhiri masa jabatan di tahun 2019, kami masih terus melakukan validasi data,” ujarnya.

Dewa Riana Putra menambahkan, sejauh ini belum ada jadwal pasti tanggal berapa pemilihan serentak tersebut akan dilaksanakan. Pihaknya masih akan melakukan pembahasan kembali. “Hari dan tanggal pastinya belum ada, bila sudah ditetapkan tentu akan kami informasikan kembali,” tegasnya. *e

Komentar