nusabali

Akhirnya STAHN Mpu Kuturan Kantongi Akreditasi B

  • www.nusabali.com-akhirnya-stahn-mpu-kuturan-kantongi-akreditasi-b

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja akhirnya mengantongi akreditasi B pada Program Studi Agama Hindu, setelah berporses dua tahun sejak lepas dari IHDN Denpasar.

SINGARAJA, NusaBali
Peraihan Akreditasi itu pun merupakan awal baik untuk proses akreditasi 10 prodi lainnya yang sedang menunggu giliran. Bahkan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam tahap proses assesment dari Badan Akreditasi Nasonal (BAN-PT). Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Made Suweta ditemui Jumat (27/7) kemarin menuturkan, akreditasi prodi Agama Hindu itu sudah dikantongi pada pertengah Juli lalu, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor 1923/SK/Ban-PT/Akred/VIII/2018 dengan peringkat B.

Pihaknya pun mengatakan proses akreditasi saat ini merupakan program prioritas STAHN Mpu Kuturan untuk menunjukkan mutu dan kwalitas kepada masyarakat Buleleng. “Ini sebagai salah satu pembuktian kami sebagai satu-satunya perguruan tinggi Agama Hindu negeri di Singaraja. Dengan akreditasi ini kami juga ingin menjawab keraguan sebagian kecil masyarakat kepada STAH,” kata dia. Sebagai PT yang baru berdiri dan diresmikan 2016 lalu, bukan hal mudah dapat meraih akreditasi B.

Suweta pun menyebut pihaknya bersama dengan lembaga, terus akan menggenjot pemenuhan sarana prasana untuk mencetak lulusan yang berkualitas dan berkarakter. Bahkan fasilitas kampus berlantai empat kini sedang dalam tahap pembangunan di wilayah Kelurahan Banyuning.

Dengan capaian itu pihaknya pun berharap masyarakat Bali dan Buleleng khususnya dapat berbangga dan memanfaatkan keberadaan STAHN Mpu Kuturan untuk mendapatkan pendidikan berkarakter. Apalagi saat ini pihaknya menyediakan ratusa beasiswa untuk memperingan biaya kuliah mahasiswa baru.

Sementara itu, program inovasi lainnya juga disebut diterapkan kepada mahasiswanya. Seperti program unggulan yang ditonjolkan pada Kampus STAHN Mpu Kuturan itu adalah Upakara. Selain sebagai media pembelajaran dalam program studi serta pengembangan UKM, juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk bisa berwirausaha. *k23

Komentar