nusabali

Tahun Ini, Pameran Inkra Akan Digelar 11 Hari

  • www.nusabali.com-tahun-ini-pameran-inkra-akan-digelar-11-hari

Pameran industri dan kerajinan (Inkra) yang rutin digelar serangkaian HUT Kota Negara, untuk tahun ini rencananya akan dilaksanakan lebih lama.

NEGARA, NusaBali
Pameran yang digelar di areal parkir Pemkab Jembrana itu, akan dilaksanakan selama 11 hari mulai 11 Agustus hingga 21 Agustus mendatang. Tahun sebelumnya, pameran digelar selama sembilan hari. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana Made Gde Budhiarta, mengatakan  untuk pameran Inkra tahun ini sengaja digelar lebih lama dibanding tahun sebelumnya. Pertimbangannya berdasar pelaksanaan pameran tahun lalu yang digelar selama sembilan hari, namun waktunya dirasa terlalu singkat. “Jadi berdasar pengalaman sebelumnya, waktu dirasa kurang, sehingga tahun ini  langsung kami tetapkan 11 hari,” katanya, Selasa (31/7).

Secara konsep, kata Budhiarta, untuk pameran tahun ini masih sama seperti tahun lalu, dengan tetap menonjolkan edukasi, di samping marketing. Namun secara kualitas, dipastikan ada peningkatan. Seperti diadakan lomba stand kuliner antar-kecamatan, serta hiburan yang rencana ditampilkan setiap malam selama pameran digelar. “Hiburan full setiap malam, tidak hanya malam-malam tertentu saja. Nanti untuk mengisi acara hiburan itu, juga ada partisipasi dari anak-anak sekolah,” ujarnya.

Saat pembukaan pameran pada 11 Agustus nanti, akan diisi lomba fashion show khas endek Jembrana. Yang membedakan untuk fashion show tahun ini, akan dibuka lomba untuk empat kategori. Yakni kategori anak-anak, remaja, dewasa dari instansi pemerintahan, dan dewasa umum. “Kalau tahun lalu, hanya dua kategori, yakni remaja dan dewasa dari instansi pemerintahan. Jadi, kami rancang tahun ini, masyarakat umum bisa lebih banyak dilibatkan,” ucap mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Jembrana, ini.

Sedangkan terkait peserta pameran kali ini, menurut Budhiarta, masih dalam tahap pendataan. Untuk pameran Inkra tahun ini, pihaknya akan menyeleksi calon peserta, yang benar-benar dari kalangan usaha kecil menengah (UKM) serta industri kecil menengah (IKM), dengan mengangkat potensi lokal. “Untuk peserta, sekarang masih pendaftaran, dan rencananya tanggal 8 Agustus nanti, baru akan kami total sekalian mengatur tempatnya. Saat ini, untuk tempat sedang dipersiapkan,” ujarnya.  

Untuk persiapan tempat pameran di areal parkir Pemkab Jembrana mulai dilakukan Selasa (31/7). Hal itu membuat para pegawai dan pengunjung pemkab harus memarkir kendaraan di sisi badan jalan sekitar. Tempat parkir menggunakan sisi badan jalan itu, dipastikan akan berlangsung sampai akhir pameran nanti.

Terkait hal itu, Budiartha menyatakan, untuk sementara waktu memang belum ada lokasi lain yang strategis untuk digunakan tempat pameran. Namun ke depannya tidak menutup kemungkinan lokasi pameran akan dipindah, apabila ada pilihan tempat lebih bagus.  “Seperti nanti kan ada Kebun Raya Jagatnatha. Bisa saja dipindah ke sana, ada susana baru, dan bisa dikemas lebih menarik. Tetapi kalau sementara ini, belum ada tempat lain yang cocok,” ucapnya. *ode

Komentar