nusabali

Disdikpora Gelar Workshop PPK

  • www.nusabali.com-disdikpora-gelar-workshop-ppk

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar workshopPpenguatan Pendidikan Karakter (PPK) di aula SDN 1 Karangasem, Jalan Gatot Subroto Amlapura, Rabu (1/8).

AMLAPURA, NusaBali
Kegiatan ini dibuka Kepala Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika. Pesertanya sebanyak 25 guru dan pengawas dengan menghadirkan tiga fasilitator daerah.

Gusti Kartika menekankan marwah pendidikan Ki Hadjar Dewantara yakni olah hati, olah rasa, olah karsa, dan olah raga. Dalam implementasinya memerlukan dukungan publik, mulai dari keterlibatan orangtua, sekolah, dan masyarakat. Workshop bertujuan menumbuhkan generasi cerdas dan berkarakter. Dikatakan, PPK merupakan pondasi pembangunan bangsa. Agar, pondasi bangsa jadi kuat perlu menanamkan nilai-nilai karakter. “Pengembangan pendidikan karakter ada berbasis kelas, berbasis kultur sekolah, dan berbasis komunitas,” jelas Gusti Kartika.

Pengembangan berbasis kelas mesti berintegritas dalam mata pelajaran, melakukan optimalisasi muatan lokal, dan mampu mengembangkan manajemen kelas. Fasilitator Daerah, Ketut Suparjana, memberikan materi kebijakan dan konsep PPK. Sedangkan Fasilitator Daerah I Wayan Budiarsa dan Deti Hendarini berikan materi pendidikan karakter berbasis kelas. Sehingga lebih menekankan pendidikan bidang integritas muatan lokal dan manajemen kelas. “Intinya sedapat mungkin mengoptimalkan pengelolaan di kelas agar siswa di kelas berintegritas, jujur setiap menghadapi ulangan dan ujian,” katanya.

Sejumlah utusan dari SD di antaranya Kasek SDN 1 Padangkerta Ni Ketut Suarni, AA Alit Ratnadi dari SDN 6 Karangasem, I Made Badra dari SDN 3 Pertima, Pengawas SD I Wayan Tirtayasa, dan dari Disdikpora. Peserta workshop dikombinasikan mulai dari guru dan Kasek SD, hingga pengawas SD dan dari kantor Disdikpora. Tujuannya agar pendidikan karakter lebih cepat dirasakan kalangan siswa. *k16

Komentar