nusabali

Program KB Bukan Sebatas Penggunaan Alat Kontrasepsi

  • www.nusabali.com-program-kb-bukan-sebatas-penggunaan-alat-kontrasepsi

Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi se-Indonesia menggelar kunjungan lapangan serangkaian workshop Kemitraan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (2/8).

SEMARAPURA, NusaBali

Tim dipimpin Direktur Utama Bina Lini Lapangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Wahidin. Rombongan tersebut diterima langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta. Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengatakan, program KB bukan hanya mengenai menggunakan alat kontrasepsi dan cukup dua anak saja. “Tetapi pogram KB merupakan perencanaan keluarga semenjak baru lahir sampai akan meninggal,” ujarnya.

Disebutkan, Desa Dawan Kaler yang menjadi Desa Percontohan KB yang terintegrasi dari perbagai program yang sudah berjalan dengan baik. Di mana program Kampung KB di Desa Dawan Kaler juga didukung oleh UMKM dan BumDes yang aktif, serta dari pemerintah Klungkung juga menyiapkan beberapa kegiatan dalam mensupport hal tersebut. “Misalnya di Bidang Pendidikan, Pemkab Klungkung menyiapkan program satu desa satu TK Negeri, angkutan siswa gratis, dan program lainnya,” ujarnya.

Diharapkan dengan kedatangan rombongan tersebut tidak hanya melihat kelebihan yang terdapat di Desa Dawan Kaler saja. Tetapi juga dapat memberikan masukan-masukan, agar Desa Dawan Kaler ini bisa menjadi lebih baik.

Direktur Utama BKKBN Pusat Wahidin, mengatakan, konsep Kampung KB merupakan keterpaduan program. Keberhasilan program KB bersumber dari pemimpin inovatif dan berkomitment yang tinggi. “Program apapun dan diadakan dimanapun, ketika pemimpin daerah memiliki komitment yang tinggi maka program yang dilaksanakan akan berjalan dengan baik,” ujarnya. Diharapkan keberhasilan program Kampung KB di Desa Dawan Kaler dapat menjadi percontohan dari pelaksanaan program Kampung KB di tingkat Provinsi Bali maupun Nasional.

Perbekel Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa mengatakan, program Kampung KB di Desa Dawan Kaler berjalan dengan baik. Hal ini berkat peran serta Bumdes Kertha Laba yang membantu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa. Sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran di Desa Dawan Kaler.

Jelas dia, penurunan jumlah pengangguran yang signifikan mendapatkan apresiasi Pemprov Bali berupa Juara 1 Penurunan Kemiskinan Tingkat Provinsi Tahun 2016, dan memperoleh penghargaan lainnya. Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta mengajak Rombongan TP PKK Provinsi se-Indonesia mengunjungi UMKM dan Bumdes Desa Dawan Kaler. *wan

loading...

Komentar