nusabali

Dragon Breath, Jajanan 'Zaman Now' yang Jadi Primadona di Bulfest 2018

  • www.nusabali.com-dragon-breath-jajanan-zaman-now-yang-jadi-primadona-di-bulfest-2018

Dengan memakannya, mulut akan keluar asap seperti mulut naga.

BULELENG, NusaBali
Tidak terasa, Buleleng Festival (Bulfest) 2018 akan  menginjak puncaknya hari ini, Senin (06/08) sejak dibuka pada Kamis (02/08/2018). Dengan mengusung tema ‘The Spirit of Pluralism’, tahun ini Bulfest menggandeng grup musik Superman Is Dead (SID) dan D’Masiv sebagai bintang tamu utama pada pagelaran rutinan di Bali Utara ini. 

Selain berbagai pertunjukan seni dan budaya yang menjadi warna-warni Bulfest, para pedagang juga tidak melewatkan kesempatan untuk meraup untung dari ribuan pengunjung yang membanjiri Bulfest. Di berbagai sudut dari areal Tugu Singa hingga ke ujung timur dekat Gedung Sasana Budaya, tak satu celah pun luput dari stan-stan makanan, minuman, hingga sandang dan papan.

Tidak seperti stan-stan lain yang tampak biasa menjual makanan manis, salah dua stan makanan di Bulfest ini terlihat berbeda. Pembeli tampak antre dan berdesakan demi mendapatkan segera pesanannya. Setelah ditelusuri lebih dalam oleh NusaBali, ternyata 2 stan yang berbeda tersebut menjual satu makan yang sama dengan tingkat kepadatan pembeli yang sama.

Makanan tersebut bernama Dragon’s Breath, jajanan manis yang disemprot dengan cairan nitrogen hingga terlihat beku dan mengepulkan asap. Disebut Dragon’s Breath karena ketika seseorang memakannya, maka mulut dan hidung orang tersebut akan bisa mengepulkan asap pekat seperti sedang menghisap rokok elektrik (red: Vape).

Salah Satu Stan Dragon's Breath yang Dipadati Pembeli - Dok. NusaBali

Meski terbilang baru di Bali terutama Singaraja, hingga membuat pengunjung penasaran dan antre untuk mencicipi sensasi mengepulkan asap di mulut, sejatinya Dragon’s Breath sudah beredar di beberapa negara lain seperti Filipina dan Korea Selatan sejak 2013, namun baru beredar di Indonesia sekitar 2017.

Saking uniknya, pengunjung rela merogoh kocek sebesar Rp25.000 untuk satu porsi Dragon’s Breath yang isinya beberapa butir snack ringan warna-warni dengan campuran rasa manis dan jagung serta dilumuri susu kental manis coklat di atasnya.

Dragon's Breath sedang Dilumuri Susu Kental Manis Coklat. - Dok. NusaBali

Benar saja, setelah memakan snack tersebut, mulut seketika mengeluarkan asap putih yang cukup pekat dengan sensasi dingin di mulut. Ya, snack ini seperti jajan yang telah dibebukan di lemari pendingin selama beberapa jam. Namun, berkat teknologi nitrogen cair yang disemprotkan berkali-kali ke dalam snack, maka seketika ia membeku dalam waktu singkat.

Seorang Penjual sedang Menyemprotkan Cairan Nitrogen pada Dragon's Breath. - Dok. NusaBali

Tidak sampai 3 jam sejak stan itu dibuka, keduanya sudah ambles oleh para pembeli yang penasaran dan ingin terlihat kekinian dengan mengunggah fenomena tersebut di sosial media masing-masing. Jika anda penasaran, silakan kunjungi Bulfest petang hingga malam ini, anda akan menemui dua stan Dragon’s Breath di sepanjang jalan ke timur dari Panggung Utama yang berlokasi di Tugu Singa Ambara Raja. *ph

Komentar