nusabali

DLH Bongkar Sampah Penyumbat Drainase

  • www.nusabali.com-dlh-bongkar-sampah-penyumbat-drainase

Hujan lebat sejak sepekan lalu menjadikan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, bertambah kegiatan.

GIANYAR, NusaBali
Karena hujan tak hanya menimbulkan banjir sampah, juga sumbatan drainase.   Petugas DLH membongkar tumpukan sampah yang menyumbat drainase di barat Puskesmas II Blahbatuh, Selasa (7/8). Selain karena sampah, sumbatan ini juga karena endapan material di aliran air itu. Informasi di lokasi, tingginya curah hujan di kawasan itu terjadi sejak sepekan lalu, terutama Senin (6/8) malam. Akibatnya, Selasa pagi muncul genangan air hingga di areal parkir Puskesmas Blhabatuh II. DLH Gianyar yang menerima informasi ini dengan cepat menurunkan personel satgas untuk menangani penyebab genangan air.

Satgas dari DLH Gianyar datang ke lokasi lengkap dengan mobil pengangkut sampah. Mereka membongkar dan membersihkan sampah penyumbat drainase tersebut. Tidak butuh waktu lama, petugas langsung mengangkut sampah jenis batang pohon kelapa, pohon pisang, dan sejumlah sampah lainnya. "Ini dominan sampah dari hulu yang dihanyutkan banjir hujan, menyumbat drainase pada gorong-gorong di bawah jalan ini," ujar Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra di lokasi.

Sumbatan itu setelah dibersihkan, Selasa pagi, hingga genangan air di Puskesmas II Blahbatuh langsung reda. Tidak sampai mengganggu proses pelayanan di Puskesmas. Menyikapi kondisi ini, Kujus Pawitra mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. "Perlu kesadaran bersama. Jangan sembarangan membuang sampah, apalagi ke sungai karena akan sangat membahayakan lingkungan," katanya.

Kujus Pawitra juga mengharapkan partisipasi seluruh komponen mengedukasi masyarakat dalam merawat kebersihan dan keasrian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Antara lain, dengan penyediaan tong sampah hingga pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah sudah berhasil dilakukan di desa-dersa lain. *lsa

loading...

Komentar