nusabali

Polres Jembrana Tingkatkan Keamanan

  • www.nusabali.com-polres-jembrana-tingkatkan-keamanan

Jelang Annual Meeting IMF–World Bank 

NEGARA, NusaBali
Jajaran Polres Jembrana sebagai penjaga wilayah ujung Barat Bali, makin meningkatkan keamanan jelang Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) – World Bank yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, pada Oktober mendatang. Selain di titik pintu masuk Bali, Pelabuhan Gilimanuk, antisipasi keamanan juga diperkuat dengan giat operasi pemeriksaan lalu lintas di masing-masing wilayah polsek se-Jembrana.

Seperti operasi lalu lintas yang dilaksanakan jajaran Polsek Melaya di Jalan Nasional Denpasar – Gilimanuk, Banjar Sumbersari, Desa/Kecamatan Melaya, Jembrana, Selasa (7/8) pagi. Operasi lalu lintas yang dipimpin Perwira Pengawas Ipda I Ketut Redana dan Perwira Pengendali Aiptu I Nyoman Joni Putra Sugawa, melibatkan unit Reskrim dan anggota bersenjata lengkap, itu dilaksanakan selama dua jam mulai pukul 10.00 hingga 12.00 Wita. Selain surat-surat kendaraan, juga dilakukan pemeriksaan terhadap setiap orang serta barang bawaan arus kendaraan dari dua arah, baik yang menuju Denpasar dan sebaliknya.

Kapolsek Melaya AKP I Ketut Wijaya Kesuma, Selasa kemarin, mengatakan kegiatan operasi lalu lintas yang dilaksanakan sesuai pengaturan jadwal dari Polres Jembrana, itu bertujuan mencegah dan menangkal berbagai tindakan kejahatan. Di mana antisipasi kemaanan yang semakin ditingkatkan itu, bertalian dengan kasus penangkapan teroris beberapa waktu lalu, termasuk menjelang pertemuan tahunan IMF–World Bank mendatang. “Selain operasi atau razia lalu lintas, kami juga tingkatkan patroli dan operasi yustisi. Digelar secara bergiliran, sesuai jadwal dari Polres,” ujarnya.

Dalam kegiatan operasi lalu lintas Selasa pagi kemarin itu, diperiksa sebanyak 20 unit motor, 15 unit kendaraan kecil atau mobil pribadi sejenis, 10 unit pick up, 18 truk, 6 unit kendaraan box, dan 3 unit bus. Hasilnya, sementara belum ditemukan barang ataupun orang mencurigakan. Tetapi ditemukan satu pelanggar lalu lintas yang tidak membawa surat izin mengemudi (SIM), yang diberikan sanksi tilang, dengan mengamankan STNK kendaraan yang bersangkutan. Selain itu diberikan teguran kepada dua pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu. “Selama operasi, semua berjalan aman, tertib, dan lancar,” ujar AKP Wijaya Kesuma.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M Didik Wiratmoko, mengatakan antisipasi keamanan yang sebenarnya rutin dilaksanakan itu, semakin ditingkatkan jelang pertemuan tahunan IMF–World Bank. Peningkatan antisipasi keamanan itu dilakukan sejak sepekan belakangan. Selain menempatkan 100 personel di Pelabuhan Gilimanuk, masing-masing polsek termasuk polres juga dijadwalkan secara bergiliran untuk melaksanakan giat operasi lalu lintas.

“Operasi lalu lintas kami atur  jadwalnya. Sengaja kami atur bergiliran, untuk mempersempit celah pelaku kejahatan ataupun barang-barang berbahaya yang masuk ataupun keluar Bali,” ujarnya. *ode

loading...

Komentar