nusabali

Rakor PPTI Bali Digelar di Bangli

  • www.nusabali.com-rakor-ppti-bali-digelar-di-bangli

Rapat koordinasi (Rakor) ke XVIII Perhimpunan Pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI) se Bali digelar di gedung BMB kantor Bupati Bangli, Selasa (7/8).

BANGLI, NusaBali
Rakor dengan tema ‘Kita mantapkan TOSS TBC untuk mewujudkan eliminasi TBC di Bali tahun 2030’ ini diikuti seluruh pengurus PPTI dari seluruh kabupaten/kota. Rakor dibuka Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.  

Ketua PPTI Bali, I Gusti Bagus Puspa Negara, mengatakan rakor digelar setiap tahun untuk mengevaluasi kerja tahun sebelumnya serta untuk meracang kegiatan atau program yang akan dilaksanakan berikutnya. Kegiatan PPTI meliputi penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit TB dan program penanggulangannya, menjaring suspect TB, dan pendampingan/pengawasan bagi penderita TB. “Temukan, obati sampai sembuh TB,” ungkap Puspa Negara.

Dulu PPTI menyediakan langsung obat-obatan bagi penderita TB, kini melakukan pendataan serta pengawasan penderita TB, seperti pengawasan minum obat. PPTI bekerja secara sukarela karena kemanusiaan, di masing-masing kabupaten jumlah pengurus berbeda. Tahun ini rakor digelar di Kabupaten Bangli. Puspa Negara berharap Pemkab Bangli bisa memberikan dukungan, seperti menempatkan tenaga PPTI di masing-masing puskesmas. “Mungkin dengan sistem tenaga kontrak. Dari pemerintah estafet ke PPTI,” harapnya.

Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, yang juga Ketua PPTI Cabang Bangli menyampaikan ke depan peran PPTI dioptimalkan dan harapan TB bisa tuntas. “PPTI agar bisa bangkit, setiap kegiatan dioptimalkan sehingga tidak terkesan stagnan,” ungkapnya. Sementara Wakil Ketua PPTI Cabang Bangli, I Dewa Made Raka, menambahkan di Bangli ada 15 orang pengurus. Jumlah tersebut tentunya kurang optimal untuk menjangkau seluruh wilayah di Bangli. “Di desa ada kader-kader yang ditugaskan oleh puskesmas, kami pun bersama-sama dalam melakukan kegiatan, baik sosialisasi ataupun kegiatan lainnya,” jelasnya. *es

loading...

Komentar