nusabali

Presiden Lepas Kontingen Asian Games

  • www.nusabali.com-presiden-lepas-kontingen-asian-games

Selain ditarget prestasi, atlet juga dituntut harus mampu menjaga baik nama Indonesia lewat persaingan sehat dan fair

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018. Pada momen itu Jokowi memberi motivasi sekaligus mengingatkan target. Acara pelepasan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 dilakukan di Halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/8). Acara pelepasan ditutup dengan flashmob lagu Asian Games 2018, yang dipopulerkan Via Valen dan sesi foto bersama.

Pada acara itu, Jokowi pun yakin atlet Indonesia mampu tampil gemilang pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Terlebih persiapan dan latihan sudah dilakukan dengan panjang.

"Saya meyakini dengan kerja keras dan berlatih, yang rentangnya panjang, saya meyakini insyaallah emas akan sebanyak-banyaknya kita dapatkan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan tentang target yang diusung para atlet kebanggaan Indonesia. Selain target prestasi dengan meraih medali sebanyak-banyaknya, mereka juga harus mampu menjaga baik nama Indonesia lewat persaingan sehat dan fair.

"Targetnya jelas, masuk 10 besar. Emas yang harus didapatkan juga jelas, minimal 16. Artinya tambah banyak boleh, kurang satu pun tidak boleh," ucap Jokowi.

"Saya titip, kebanggaan negeri ini ada di saudara, seluruh atlet yang berlaga. Dan yakinlah 263 juta penduduk Indonesia berada di belakang saudara semua untuk berkumandangnya Indonesia Raya dan Merah Putih setelah nanti ada kemenangan setelah bertanding."

"Jagalah nama baik negara, bertanding secara sehat dan fair. Dan selamat berjuang," ujar Jokowi.  Sementara secara terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau Stadion Si Jalak Harupat yang akan digunakan sebagai salah satu stadion untuk cabang sepakbola Asian Games 2018.

JK tiba ke lokasi stadion sekitar pukul 17.00 WIB, Rabu (8/8). Ia didampingi Wakil Ketua INASGOC Sjafrie Sjamsoeddin, Pjs Gubernur Jabar M Iriawan, Bupati Bandung Dadang M Naser, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olehraga Slamet Mulyana.

Dalam tinjuannya tersebut, JK sesekali menunjuk ke arah lampu tribune timur yang memang dinyalakan. Dari tribune, ia juga menyaksikan rumput stadion yang sedang disiram. JK juga turun ke lapangan untuk melihat lebih dekat kondisi rumput stadion.

Usai peninjauan itu Sjafrie Sjamsoeddin menegaskan kesiapan Stadion Si Jalak Harupat untuk menggelar laga sepakbola di Grup C (Irak, China, Timor Leste, Suriah) dan Grup E (Korea Selatan, Kirgizstan, Malaysia, Bahrain, Uni Emirat Arab).

"Setelah melihat seluruhnya, menyimpulkan bahwa Jalak Harupat siap operasional pertandingan (digunakan)," ujar Sjafrie Sjamsoeddin. *

loading...

Komentar