nusabali

Jarak Tempuh Gerak Jalan Dipangkas

  • www.nusabali.com-jarak-tempuh-gerak-jalan-dipangkas

Panitia pun mengumumkan agar setiap peserta lomba tidak memaksakan diri.

Pasca Siswi Meninggal Saat Latihan Gerak Jalan

GIANYAR, NusaBali
Meninggalnya siswi SMK Kesehatan Maharishi, Ni Kadek Irawati,16, saat latihan gerak jalan, menjadi pelajaran penting bagi panitia lomba gerak jalan serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Gianyar.  Sepanjang rute lomba dijaga ketat polisi dan jarak tempuh lomba gerak jalan juga dipangkas.

Sebelum lomba, panitia pun mengumumkan agar setiap peserta lomba tidak memaksakan diri. "Jika tidak kuat di tengah perjalanan, lebih baik berhenti dan istirahat. Jangan paksakan diri," ungkap Koordinator Lomba Gerak Jalan I Made Erawan pada pembukaan lomba di open stage Balai Budaya Gianyar, Rabu (8/8).

Dijelaskan pula, panitia sudah memperpendek jarak tempuh lomba agar peserta tidak terlalu kelelahan. "Kali ini jaraknya 4 km untuk tingkat SD dari sebelumnya 6 km, 7 km untuk tingkat SMP dari sebelumnya 9 km, dan 12 km untuk tingkat SMA/SMK putra, dari sebelumnya 17 km," jelasnya.

Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gianyar Gusti Ayu  Sri Widiawati dalam laporannya mengatakan lomba gerak jalan di Gianyar berlangsung enam hari, Rabu (8/8) - Senin (13/8). Sebagai pembuka, gerak jalan SMP putri mengawali lomba kemarin. 25 regu melintasi rute mulai dari open stage Balai Budaya – Abianbase –Jalan Kebo Iwa – bypass Dharma Giri  Buruan, balik ke arah timur menuju Kantor Bupati Gianyar dan finish depan Puri Gianyar. Secara berturut-turut, akan berlangsung lomba gerak jalan SMP Putra pada Kamis (9/8), Jumat (10/8) gerak jalan indah tingkat SMA/SMK putri, Sabtu (11/8) gerak jalan tingkat SMA/SMK putra, Minggu (12/8) gerak jalan indah tingkat SD putri, dan Senin (13/8) gerak jalan SD putra.

Lomba gerak jalan indah SMP Putri dimulai pukul 13.00 Wita, dilepas Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gianyar AA Gde Oka Digjaya. Masyarakat tampak antusias memenuhi areal open stage dan sepanjang perjalanan yang dilalui. Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo mengatakan untuk mengamankan proses lomba, 88 personel Polres Gianyar disebar ke sejumlah titik.

Sementara itu, di Klungkung, 58 regu gerak jalan wanita meramaikan gerak jalan putri antar organisasi wanita/desa, organisasi perangkat daerah (OPD) dan umum. Rute yang ditempuh 3,2 km, start di depan Pendopo Puri Agung Klungkung ke barat,  Jalan Flamboyan - simpang tiga SMAN 1 Semarapura ke timur, simpang empat Galiran - Catus Pata Semarapura - finish di depan Pendopo Puri Agung Klungkung. Sepanjang rute peserta diwajibkan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Pantauan NusaBali, pada jalur tersebut juga nampak krodit arus lalu lintas hingga kendaraan rentan menyerempet regu gerak jalan. Untuk keamanan, kepolisian siaga pada beberapa titik strategis dibantu para panitia. Peserta gerak jalan dilepas Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di depan Pendopo Puri Agung Klungkung. Start diawali 17 regu gerak jalan PKK sebagai peserta kehormatan dipimpin Ketua TP PKK Ny Ayu Suwirta dan Ny Winastra. Kriteria penilaian lomba yakni ketepatan waktu, kedisiplinan dan keutuhan barisan. Juara I Katagori Organisasi Wanita/PKK diraih PKK Desa Dawan Klod, Dawan, Juara I Kategori OPD, Guru dan Pegawai diraih SMPN 2 Semarapura. *nvi,wan

loading...

Komentar