nusabali

70 Perahu Layar Meriahkan HUT RI

  • www.nusabali.com-70-perahu-layar-meriahkan-hut-ri

Lomba perahu layar kembali digelar serangkaian  peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018.

SINGARAJA, NusaBali
Kali ini, 70 peserta se Kabupaten Buleleng ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Peserta mengarungi laut kurang lebih 5 kilometer (km), dari start Pantai Kerobokan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, finish di Pantai Bina Ria, Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng.

Lomba perahu layar tersebut dilepas Wakil Bupati Buleleng dr Nyoman Sutjdra, Selasa (7/8) pagi, di Pantai Kerobokan. Wabup Sutjidra mengatakan, lomba perahu layar merupakan agenda tahunan serangkaian peringatan HUT RI. “Sekarang ini cuaca kurang mendukung. Biasanya angin datang dari timur. Tapi sekarang datang dari arah barat, tentu peserta harus berjuang keras agar perahu mereka melaju ke barat menuju garis finish,” katanya.

Menurut Wabup Sutjidra, akibat cuaca agak buruk, jumlah peserta menurun dari tahun sebelumnya. Biasanya jumlah peserta di atas 80 regu, namun sekarang hanya 70 regu. “Karena cuaca yang kurang baik ini, beberapa nelayan tidak jadi ikut serta. Tetapi semangatnya tetap bagaimana kita bisa mengelorakan semangat bahari pada generasi. Karena Buleleng memiliki panjang pantai terpanjang di Bali,” terangnya.

Kepala Dinas Perikanan Buleleng Made Arnika, selaku ketua panitia mengatakan, 70 peserta lomba itu dari lima kecamatan yakni 15 regu dari Kecamatan Sawan, 36 regu dari Kecamatan Buleleng, 10 regu dari Kecamatan Banjar, 8 regu dari Kecamatan Seririt dan 1 regu dari Kecamatan Gerokgak. “Sesuai ketentuan yang mencapai finish tercepat dia sebagai pemenangnya,” katanya.

Pemenang Juara I meraih uang tunai Rp 6 juta, piagam, piala serta hadiah tambahan lainnya, Juata II Rp 5 juta, piagam, piala serta hadiah tambahan lainnya, dan Juara III Rp 4 juta, piagam, piala dan hadiah lainya. Juara I diraih Kelompok Nelayan Sinar Bahari, Kecamatan Banjar, Juara II Kelompok Nelayan Satria Samudra, Kecamatan Sawan, dan Juara III diraih Kelompok Nelayan Bhineka Smari Kecamatan Sawan. *k19

loading...

Komentar