nusabali

Perbekel Tabanan Ikuti Workshop Implementasi Kelola Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes

  • www.nusabali.com-perbekel-tabanan-ikuti-workshop-implementasi-kelola-keuangan-desa-berbasis-aplikasi-siskeudes

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerja sama dengan Pemkab Tabanan menyelenggarakan workshop implementasi tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), di Gedung Mandala Mathika Subak Sanggulan Tabanan, Rabu (8/8).

TABANAN, NusaBali
Workshop diikuti perbekel se–Kabupaten Tabanan. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan dan Pengendalian Keuangan Polda Bali Gatot Darmasto, Perwakilan BPK Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, Kepala Sub Bidang Pengendalian Keuangan Polda Bali AKBP Ida Ayu Wikarniti.

“Kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan workshop ini guna meningkatkan keberhasilan pelaksanaan undang-undang desa (UU No 6 Tahun 2014),” kata Bupati Tabanan Ni Putu EKa Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wabup Sanjaya.

Ditambahkannya, sejak tahun anggaran 2016 pemda melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sudah melaksanakan bimbingan teknis bagi sekretaris desa, bendahara desa, serta operator Siskeudes. Sejak tahun anggaran 2017 sebanyak 133 desa di Kabupaten Tabanan sudah mengimplementasikan pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes.

Gatot Darmasto selaku narasumber mengungkapkan aplikasi Siskeudes memilki banyak manfaat di antaranya adalah kemudahan penggunaan aplikasi, memudahkan tata kelola keuangan desa, berkesinambungan, built internal control, serta didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi  dan manual aplikasi.

Dalam workshop disampaikan presentasi mengenai keuangan, pembangunan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa oleh I Gusti Agung Rai Wirajaya serta presentasi tentang transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa oleh I Gusti Ngurah Satria Perwira. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sesi diskusi dan foto bersama. *de

Komentar