nusabali

DPR RI Apresiasi Layanan Pajak Bali

  • www.nusabali.com-dpr-ri-apresiasi-layanan-pajak-bali

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengapresiasi pelayanan pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar, yang tetap beroperasi dalam melayani masyarakat setelah gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) pada 5 Agustus 2018.

JAKARTA, NusaBali

"Kegiatan pelayanan pajak tetap beroperasi seperti biasa melayani para wajib pajak. Tidak ada layanan yang tutup akibat gempa," kata Bambang Soesatyo, Rabu (8/8).

Ketua DPR mengemukakan hal tersebut setelah berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar di Bali pada Selasa (7/8). Menurut Bambang, saat meninjau juga terlihat tidak banyak kerusakan yang terjadi dan seluruh dokumen dalam kondisi aman. "Kerusakan terparah berada di lantai 3 kantor pajak, di mana atap bangunan runtuh. Sudah dikoordinasikan pula dengan Kementerian PUPR untuk melakukan penilaian tingkat kerusakan dan kelayakan gedung setelah gempa," katanya.

Politisi Partai Golkar itu secara khusus juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya korban yang terjadi dalam peristiwa bencana alam tersebut. Ia juga mengemukakan, DPR RI bersama pemerintah akan segera membahas mitigasi bencana berupa upaya untuk mencegah, menanggulangi serta mengurangi risiko bencana sehingga semua pihak bisa meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) membantu penanganan korban gempa Lombok. BUMN seperti maskapai Garuda Indonesia pada Selasa ini menyediakan extra flight atau penerbangan tambahan dengan pesawat berbadan besar untuk rute Lombok-Denpasar guna mengantisipasi penumpukan penumpang pascagempa.

"Garuda Indonesia memberlakukan kebijakan untuk kemudahan penumpang melakukan reschedule, reroute, full refund dan perpanjangan masa berlaku tiket bagi penumpang yang terdampak peristiwa gempa bumi di Lombok (5/8) beberapa waktu lalu tanpa dikenakan biaya," kata VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Hengki Heriandono.

Adapun kebijakan tersebut berlaku hingga tanggal 20 Agustus 2018 mendatang khusus untuk penumpang yang memiliki jadwal penerbangan dari tanggal 6-11 Agustus 2018. Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai bagian dari layanan Garuda Indonesia kepada para penumpang yang terdampak gempa.

Sementara itu, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menyiapkan Kapal Motor Egon sebagai sarana transportasi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan secara gratis dari Surabaya ke daerah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Pelni sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Ridwan Mandaliko.

Pengiriman bantuan secara gratis itu dapat dilakukan secara langsung melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Ridwan mengemukakan penyediaan transportasi laut secara gratis dari Pelni merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Lombok, NTB, dan sekitarnya yang terkena musibah.  *ant

loading...

Komentar