nusabali

Tabanan Luncurkan Aplikasi DPaon Serasi

  • www.nusabali.com-tabanan-luncurkan-aplikasi-dpaon-serasi

Pertama di Bali, Inovasi buat Mudahkan Administrasi Kependudukan

TABANAN, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tabanan menjadi satu-satunya di Bali yang luncurkan program inovasi aplikasi ‘Dukcapil Pelayanan Online dan Terintegrasi’ atau D’Paon Serasi. Program ini diluncurkan untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan dan sekaligus mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Proghram inovasi aplikasi D’Paon Serasi ini dilaunching Disdukcapil Tabanan di Wantilan Pura Luhur Pucak Padang Dawa, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Kamis (9/8). Launching aplikasi D’Paon Serasi ditandai dengan penekanan tombol yang dilakukan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti.

Turut hadir dalam acara peluncuran aplikasi D’Paon Serasi kemarin, antara lain, Kepala Ombudsman Ri Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, Kadis Dukcapil Provinsi Bali I Wayan Sudana, dan pimpinan OPD lingkungan Pemkab Tabanan. Kadis Dukcapil Tabanan, I Gusti Agung Rai Dwipayana, mengatakan aplikasi D’Paon Serasi ini merupakan pelayanan online dan terintegrasi berbasis IT.

Dengan aplikasi D’Paon Serasi ini, pelayanan akan menjadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan dapat menggunakannya di mana saja. “Masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Disdukcapil, aplikasi ini bisa diakses di rumah dan gratis. Tinggal log in dengan memasukkan nomor NIK dan nomor HP. Terdapat paket pilihan di dalamnya, seperti Paket Serasi 1, 2, dan lainnya," jelas Rai Dwipayana.

Rai Dwipayana menyebutkan, program aplikasi D’Paon Serasi yang merupakan pertama kalinya di Bali ini, akan dilaksanakan dalam jangka pendek, selama sekitar 2 bulan. Ada 4 desa yang dipilih dengan pertimbangan desa terjauh, desa terdekat (di kota Tabanan), dan desa yang proaktif dalam pengurusan administrasi kependudukan. Keempat desa tersebut masing-masing Desa Bangli (Kecamatan Baturiti), Desa Karyasari (Kecamatan Pupuan), Desa Dajan Peken (Kecamatan Tabanan), dan Desa Sembung Gede (Kecamatan Kerambitan).

Menurut Rai Dwipayana, selain peluncuran aplikasi D’Paon Serasi, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait layanan D’Paon Serasi tersebut. “Lami harapkan dukungan dari Pemkab Tabanan dan semua pihak untuk menyukseskan GISA dan juga aplikasi D’Paon Serasi in,” tandas Rai Dwipayana.

Sementara itu, Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti mengapresiasi peluncuran aplikasi D’Paon Serasi ini. Bupati Eka Wiryastuti menegaskan, di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat seperti sekarang, menjadi tantangan untuk mewujudkan sistem administrasi kependudukan yang efektif dalam mengcover jumlah penduduk yang terus meningkat.

“Saya sangat bangga dengan diluncurkannya program inovasi aplikasi D’Paon Serasi ini, sehingga administrasi kependudukan bisa dilakukan dengan cepat. Program ini harus berjalan terus dan bersinergi dengan program Tabanan lainnya serta dapat melayani seluruh masyarakat. Aplikasi ini juga harus selalu dipantau dan dievaluasi, sehingga bisa diperbaiki jika ada kekurangannya,” tegas Srikandi PDIP asal Desa Angseri, Kecanmatan Baturiti, Tabanan ini.

Eka Wiryastuti juga berpesan kepada jajaran OPD Pemkab Tabanan agar selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan publik dan memberikan inovasi. Terlebih, saat ini perkembangan IT sangat pesat dan masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan efisien.

“Kita tidak boleh ketinggalan zaman dalam pelayanan publik. Semua harus bisa membuat inovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Pelayanan tidak mengenal kata lelah, kita investasi hati. Karma tidak pernah salah alamat, asal kita tulus, pasti akan berbuah hasil,” ujar Bupati Wanita Pertama di Bali ini. Bupati Eka Wiryastuti sendiri kemarin langsung mencoba aplikasi D’Paon Serasi.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan kerjasama berupa penandatanganan MoU pe-manfaatan KIA oleh Bupati Eka Wiryastuti dengan Anemone Reading School Indonesia, Agro Puncak Bukit Catu, dan U.D Sastra Mas Tabanan. Juga dilakukan penandatanganan MoU One Day Service Penerbitan Akta Kelahiran oleh Bupati Eka Wiryastuti dengan RS Ibu dan Anak Cahaya Bunda. *de

Komentar