nusabali

Pulihkan Listrik di Lombok, PLN Tambah Relawan

  • www.nusabali.com-pulihkan-listrik-di-lombok-pln-tambah-relawan

PLN Distribusi Bali kembali mengirimkan relawan tenaga teknik ke Lombok untuk membantu pemulihan kelistrikan pasca gempa 7 SR (skala richter) di wilayah tersebut, Kamis (9/8).

SEMARAPURA, NusaBali
General Manager PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa melepas 47 orang relawan teknik ke Lombok, di Kantor PT PLN Area Bali Timur, Klungkung, Senin (6/8). “Kebutuhan pemulihan listrik di Lombok adalah prioritas PLN saat ini. Semakin cepat semakin baik,” ujar Astawa. Sebelumnya, PLN Distribusi Bali juga sudah memberangkatkan 67 orang relawan menuju Lombok. Seluruh relawan yang telah berangkat sebelumnya telah memulai aktivitas pemulihan listrik di Lombok sejak Selasa (7/8). Pemulihan kelistrikan difokuskan pada kawasan-kawasan krusial seperti rumah sakit, posko pengungsian, dan pemulihan jaringan distirbusi seperti Jaringan Tegangan Menengah 20 kilovolt (kV). PLN juga memulihkan gangguan kelistrikan di wilayah Bali, termasuk di Klungkung, akibat terdampak gempa. Bantuan logistik PLN Peduli Gempa Lombok untuk kebutuhan korban gempa juga kembali dibawa beserta dengan petugas teknik.

Manager Distribusi PT PLN Distribusi Bali Eko Mulyo HW mengatakan, ada empat penyulang yang jatuh, beberapa recloser (penutup ulang jaringan) dan beberapa FCO putus, satu trafo roboh serta satu miring, beberapa kabel lepas dari sambungan, dan lainnya. “Kami sudah perbaiki semuanya dan sudah beroperasi dengan normal pagi tadi,” katanya belum lama ini.

Diungkapkannya, tidak mudah memperbaiki kerusakan layanan PLN yang diakibatkan oleh gempa bumi Minggu (5/8) malam itu. Sehingga PLN membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa mengoperasikan. Untuk kerugian akibat peristiwa itu, diungkapkannya mencapai ratusan juta rupiah. “Karena kami harus memastikan tidak ada warga yang berada di sekitar jaringan listrik bertegangan tinggi,” ujarnya.

Pihaknya mengaku cukup kesulitan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Karena gempa bumi disertai dengan longsor seperti di Kabupaten Bangli harus menunggu sampai kondisinya memungkinkan untuk dilakukan perbaikan. “Kami juga mengirim 17 kendaraan pengangkut alat kerja, dan material untuk perbaikan jaringan PLN di Lombok. Selain itu kami juga membawa bantuan dan logistik,” katanya. *wan

loading...

Komentar