nusabali

Fenomena Awan Terbelah Gegerkan Buleleng

  • www.nusabali.com-fenomena-awan-terbelah-gegerkan-buleleng

Fenomena alam, berupa awan putih membentang lurus horizontal di atas langit, terlihat jelas dari sejumlah tempat di wilayah Buleleng. Fenomena alam ini pun menjadi viral di media sosial (medsos).

Disebutkan sebagai ‘Wangsit’ Alam


SINGARAJA, NusaBali
Banyak yang melihat kejadian itu sebagai hal yang biasa, namun ada juga yang beranggapan fenomena itu sebagai wangsit (tanda) alam bakal terjadi bencana. Fenomena alam itu terlihat, Kamis (9/8) pagi. Fenomena itu berupa awan putih yang berkumpul membentang horizontal, seperti garis lurus yang memisahkan langit. Karena dibawah awan ‘garis putih’, warna langit tampak lebih buram dibanding langit di atas awan ‘garis putih’ terlihat lebih terang.

Tidak jelas waktu kemunculannya, tapi kejadian itu diupload ke medsos Facebook, oleh akun atas nama Mingming Koming, mulai pukul 08.30 wita. Mingming Koming dalam akunya menulis “awan apa ini??? indaah” dengan menampilkan fenomena awan garis putih lurus horizontal. “Ya saya tadi pas liwat di jalan di Desa Bulian, lihat ada garis putih kok aneh, tapi saya anggap itu sebagai pemandangan yang indah, karena tidak pernah melihat seperti itu,” kata Mingming Koming saat dikonfirmasi, Kamis siang.

Mingming Koming mengaku, melihat fenomena awan putih berbentuk gari lurus horizontal di langit sekitar pukul 08.00 WITA. Ia melihat ketika melintasi jalan yang ada di Desa Bulian. Namun, Mingming Koming mengaku tidak tahu persis kemunculan awan garis putih tersebut, termasuk menghilangnya. “Seperti memisahkan langit. Di bawahnya awan garis putih terlihat seperti lautan, di atas itu terlihat seperti langit,” ujarnya.  

Setelah di-upload Mingming Koming, tanggapan pun bermunculan. Beberapa diantaranya menganggap sebagai hal yang biasa, dan lebih melihat sebagai pemandangan yang indah. Ada juga yang menilai, awan putih itu adalah efek  pesawat yang melintasi awan yang cukup dingin. Sehingga ketika awan dingin diterpa panas pesat maka menjadi awan. Namun tanggapan itu sepertinya dimentahkan oleh netizen yang menanggapi komentar dalam status akun Mingming Koming.

Akun atas nama Wira Gunawan ini mengupload fenomena itu sebagai awan gempa. Wira Gunawan mengambil tulisan Awan Gempa dari Wikipedia. Fenomena itu dianggap sebagai awan gempa yang diduga sebagai tanda akan terjadinya gempa bumi. Awan aneh ini bentuknya memanjang seperti asap yang keluar dari pesawat. Dan faktanya pada 13.25 WITA, gempa 6,2 SR yang berpusat di Lombok Utara terasa di Buleleng.

Di tempat terpisah Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Ketut Susila meminta kepada masyarakat tetap waspada dengan kondisi alam yang terjadi. Jika terjadi gempa, masyarakat diminta menghindari bangunan tinggi dengan memilih kawasan yang kosong.”Karena sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa mendeteksi akan ada gempa. Beda dengan erupsi Gunung. Yang ada, setelah gempa terjadi baru bisa terrekam, lokasinya, apa berpotensi tsunami atau tidak,” terangnya. *k19

loading...

Komentar