nusabali

Monyet Liar Masuk Perkampungan di Gulingan, Mengwi

  • www.nusabali.com-monyet-liar-masuk-perkampungan-di-gulingan-mengwi

Monyet liar yang tidak diketahui asalnya masuk ke perkampungan warga di Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Baudung.

MANGUPURA, NusaBali
Warga khawatir, monyet liar di perkampungan dapat merusak lahan pertanian dan tempat ibadah. Keberadaan monyet liar di Gulingan informasinya muncul sejak beberapa hari terakhir. Monyet liar terdeteksi di wilayah Banjar Tengah Kaler dan Tengah Kelod.

Perbekel Gulingan I Made Sudarsana, mengaku sudah ada warga melaporkan munculnya monyet liar di Gulingan, terutama di Banjar Tengah Kaler dan Tengah Kelod. “Iya, ada informasi dari warga begitu (ada monyet liar). Mereka khawatir monyet-monyet tersebut mengganggu pertanian maupun tempat ibadah,” ujarnya, Kamis (9/8).

“Saya pun sudah menyampaikan terkait masalah ini ke BPBD Badung untuk meminta petunjuk serta bantuannya dalam penanganan. Mudah-mudahan bisa segera ditangani sebelum menimbulkan keresahan warga,” harap Sudarsana.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gede Asrama, menyatakan siap menindaklanjuti bersama tim atas keluhan warga terkait keberadaan monyet liar.

Disinggung apakah sudah dilakukan penyisiran ke lapangan, Gede Asrama mengungkapkan sudah melakukan penyisiran, namun akan dilakukan kembali pada Jumat (10/8) hari ini. “Tim sudah turun, tapi monyetnya lari. Besok (hari ini) kami mau operasi lagi,” tegasnya sembari mengungkapkan asal muasal monyet belum diketahui secara pasti. “Kalau monyet itu mengganggu dan meresahkan masyarakat, kami akan tangkap menggunakan obat bius,” tegasnya.

Pihaknya berharap setelah nanti monyet liar tertangkap, ada warga yang mau memelihara monyet tersebut. “Mudah-mudahan ada yang mengadopsinya. Tapi kalau tidak ada yang bersedia memelihara, akan kami pikirkan nanti penanganannya,” ucapnya.

Masih menurut Gede Asrama, masuknya monyet liar ke perkampungan bukan kali ini saja. Tapi sudah beberapa kali, namun di lain tempat. *asa

loading...

Komentar