nusabali

Enam Peserta Gerak Jalan Dirujuk ke RS

  • www.nusabali.com-enam-peserta-gerak-jalan-dirujuk-ke-rs

Cuaca panas dan ketidaksiapan kondisi fisik membuat 75 peserta gerak jalan terkapar dan enam di antaranya malah dibawa ke rumah sakit.

Puluhan Peserta Putri Bertumbangan


SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 75 orang peserta lomba gerak jalan dewasa putri 17 kilometer berjatuhan dan tidak sanggup menyelesaikan rute, Kamis (9/8) sore. Bahkan enam orang di antaranya terpaksa dirujuk ke RSUD Buleleng setelah mendapat penanganan pertolongan pertama dari tim gabungan Dinas Kesehatan dan PMI Buleleng. Dalam penanganan ini, pihaknya menyiagakan 50 relawan PMI.

Peserta pun mulai berjatuhan dan diangkut relawan PMI menuju pos kesehatan setelah dilepas pada pukul 13.00 WITA langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.  Satu per satu peserta yang tidak sanggup menyelesaikan rute langsung ditangani tim kesehatan. Ketua Markas PMI Buleleng, Made Pasek Yasa, mengatakan kondisi peserta gerak jalan yang pingsan dan tidak dalam keadaan sehat saat berlomba memang meningkat dari tahun sebelumnya.

Rata-rata dari mereka sempat pingsan, karena faktor cuaca panas. Namun faktor kurangnya latihan dan penyakit bawaan peserta juga berpengaruh. Dalam penanganan pertama yang diberikan tim kesehatan pun memutuskan enam peserta gerak jalan dewasa putri dirujuk ke RSUD Buleleng untuk mendapatkan penanganan yang intensif.

“Enam orang memang kita rujuk ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas dan kesadaran menurun,” ungkap dia. Meningkatnya jumlah peserta gerak jalan yang bertumbangan menjadi catatan tim kesehatan, untuk memberikan masukan kepada tim official, memperketat seleksi peserta terutama dari segi kesehatan.

Sehingga peserta yang ikut lomba gerak jalan dengan menempuh rute 17 kilometer itu benar-benar peserta yang sejat jasmani. Seleksi ketat itu pun diharapkan mampu mengantisipasi akibat fatal, jatuhnya peserta saat lomba berlangsung. “Ya kejadian ini sebagai masukan saja pada tim official masing-masing peserta, agar memperketat seleksi kesehatan pesertanya, agar tidak terjadi hal fatal,” imbuh dia.

Sementara itu lomba gerak jalan 17 KM dewas putri yang dilangsungkan KONI Buleleng menyambut HUT RI ke-73, diikuti oleh 46 regu dari SMA/SMK, Universitas OPD dan komunitas yang ada di Buleleng. Satu persatu peserta dilepas secara bergiliran mulai pukul 13.00 WITA menempuh rute sepanjang 17 kilometer yang dibagi menjadi dua etape. Seluruh peserta  mengambil start di Jalan Udayana, peserta menuju Jalan Ngurah Rai, Jalan Letkol Wisnu, Jalan Gajah Mada, Jalan Gempol, Jalan Pulau Komodo, Jalan Surapati, Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr Sutomo, Jalan A Yani, dan finish etape pertama di Jalan Kartini. Selanjutnya, peserta melanjutkan etape kedua dengan jarak tempuh 9 KM. Dimulai dari Jalan Kartini, peserta menuju Jalan Udayana, Jalan Sudirman, Jalan A Yani, Jalan Pemaron, Jalan Laksamana, Jalan Pahlawan, Jalan Ngurah Rai, Jalan Udayana, dan finish di depan GOR Bhuawana Patra. *k23

loading...

Komentar