nusabali

BMKG Prediksi Hujan Masih Terjadi Beberapa Hari Kedepan

  • www.nusabali.com-bmkg-prediksi-hujan-masih-terjadi-beberapa-hari-kedepan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan dalam beberapa hari ke depan masih terjadi hujan secara merata di seluruh wilayah Bali.

MANGUPURA, NusaBali
Kondisi ini terjadi akibat dua faktor, yakni suhu muka laut yang hangat dan masa udara basah pada lapisan rendah. Forcaster On Duty BBMKG Wilayah III Denpasar, Kadek Setiya Wati dikonfirmasi, Jumat (10/8) mengungkapkan, intensitas hujan yang terjadi adalah ringan hingga sedang. Dikatakan, dari hasil analisa suhu permukaan air laut sekitar wilayah Bali cukup hangat, berkisar antara 26-28 derajat celcius.

Kondisi ini mendukung terjadinya penguapan dan juga mendukung terjadi pembentukan awan di atas wilayah Bali. Selain hal tersebut juga dipengaruhi oleh masa udara basah terkonsentrasi pada lapisan rendah, yakni hingga ketinggian 1.500 meter. "Dua faktor ini yang mengakibatkan potensi terjadinya hujan di wilayah Bali masih cukup tinggi. Selain itu kondisi ini juga didukung oleh faktor lokal seperti topografi Bali," ungkapnya.

Setiya Wati mengungkapkan ketinggian gelombang di perairan utara Bali dalam kisaran 0,5 - 2 meter, sementara di perairan selatan 0,75 - 3,5 meter. Dikatakan gelombang tinggi diparairan selatan Bali ini masih dipengaruhi penjalaran gelombang swell yang berpusat di barat Australia.

"Kami menghimbau, terutama masyarakat yang beraktivitas di laut untuk selalu waspada. Karena gelombang tinggi bisa terjadi tanpa ada angin kencang. Kami tak merekomendasikan untuk berhenti melakukan aktivitas bagi para nelayan tetapi tetapi harus waspada. Masyarakat pelaut lebih tahu. Kapan ombak besar dan kecil," tuturnya. *po

Komentar