nusabali

Cycling, Bule Inggris Nyungkling ke Jurang

  • www.nusabali.com-cycling-bule-inggris-nyungkling-ke-jurang

Diduga korban tidak menguasai medan, sehingga tiba-tiba mengerem dan terpental ke jurang.

GIANYAR, NusaBali
Apes dialami Marta,12, seorang gadis remaja kebangsaan Inggris saat ikut wisata sepeda (cycling). Bule ini terperosok alias nyungkling ke jurang depan Pura Bintang Kuning, Banjar Melayang, Desa Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Sabtu (11/8) sekitar pukul 14.00 WITA.

Informasi dihimpun, Marta bersama rombongan pesepeda yang dipandu oleh Dewa Gede Alit mengikuti cycling dari Banjar Papadan, Kintamani, Bangli dengan finish di Banjar Melayang. Sepanjang perjalanan, rombongan melewati jalan Penempan Tampaksiring-Kulu Sanding belok kanan baru melewati TKP.

Nah, ketika tiba di sekitar Pura Bintang Kuning, terdapat jalan turunan disertai tikungan tajam. Di tikungan tersebut pula terdapat sebuah jembatan yang mengalami kerusakan pada sisi timur. Diduga korban tidak menguasai medan, sehingga tiba-tiba mengerem dan terpental ke jurang. Kedalaman jurang kurang lebih 15 meter, dipenuhi semak belukar.

Tanpa pikir panjang, pemandu dibantu masyarakat sekitar langsung turun melakukan pencarian. Namun karena medan cukup terjal, pencarian berlangsung cukup lama. Hingga akhirnya petugas BPBD Kabupaten Gianyar, PMI Gianyar dan Polsek Tampaksiring tiba di TKP melakukan evakuasi.

Kapolsek Tampaksiring, AKP Made Tama mengatakan evakuasi berlangsung sekitar 2 jam. Pukul 14.05 WITA personel Polsek Tampaksiring tiba di TKP dan kemudian menghubungi Polres Gianyar dan langsung diteruskan ke BPBD Gianyar. Selanjutnya, sekitar pukul 14.30 WITA tim BPBD Gianyar tiba di TKP langsung melakukan upaya penyelamatan.

“Namun karena situasi medan berat, penyelamatan berlangsung agak lama. Pukul16.00 wita korban baru berhasil dievakuasi ke atas jembatan,” jelasnya. Saat dievakuasi, korban dalam keadaan masih sadar, namun terlihat beberapa luka di wajahnya. Dengan mobil ambulan PMI Kabupaten Gianyar, korban Marta langsung dilarikan ke RS Ari Canti, Desa Mas, Kecamatan Ubud. *nvi

Komentar