nusabali

Desa Kukuh Gelar Lomba Masatua dan Nyurat Aksara Bali

  • www.nusabali.com-desa-kukuh-gelar-lomba-masatua-dan-nyurat-aksara-bali

Memeriahkan HUT ke–73 Republik Indonesia dan Porsenides, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan gelar lomba masatua Bali, nyurat aksara Bali, dan mageguritan di Wantilan Desa Adat Kukuh pada Senin (13/8).

Lestarikan Budaya dan Meriahkan HUT Ke–73 RI  

TABANAN, NusaBali
Lomba digelar agar generasi milenial juga cakap dalam menulis aksara Bali dan masatua Bali. Perbekel Kukuh I Made Sugianto, menjelaskan peserta lomba adalah pelajar dari tiga SD se-Desa Kukuh. Masatua Bali diikuti enam peserta, geguritan diikuti 3 pasang dari 3 SD, 12 pasang sekaa teruna dari 12 banjar adat Desa Kukuh. “Lomba digelar baru pertama kali dan peserta sangat antusias,” ucapnya.

Menurutnya, selain lomba masatua Bali, geguritan, dan nyurat aksara Bali, berbagai lomba juga digelar mulai dari Rejang Renteng, tenis meja antarbanjar, turnamen bulutangkis antarbanjar. Ada pula lomba karaoke antarsekaa teruna dan PKK. “Setelah era tahun 1970-an, Porsenides kembali terulang,” kata Sugianto. Dia berjanji kegiatan ini akan rutin dilakukan.

Terselenggaranya berbagai lomba atas kerjasama dengan karang taruna, sekaa teruna termasuk Penyuluh Bahasa Bali di Kecamatan Marga. *de

Komentar